Warga Demo Kantor Desa Jiwut, Tuntut Kades Tandan Tangani Persetujuan Program PTSL

Blitar – Puluhan warga Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, di kantor dsa setempat. warrga emosi berteriak-teriak agar kepala desa keluar untuk menemui massa. Dlam aksinya beberapa warga yang emosi, kemudian masuk ke ruangan dan memaksa Kepala Desa Jiwut keluar untuk menemuai massa.

Setelah keluar menemui massa, warga kemudian menuntut agar Kepala Desa Jiwut Kasbulloh untuk menanda-tangani surat persetujuan pihak desa untuk melaksanakan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), karena kepala desa tidak menandatangani warga kembali emosi sambil mengolok-olok .

“Warga minta agar pihak desa menanda tangani persetujuan pelaksanaan program PTSL, pasalnya sejak bulan april yang lalu pihak desa tidak pernah transparan dalam program tersebut,” kata Jalu Utama korlap aksi.

Camat Nglegok Agus Zaenal mengatakan program PTSL sudah diluncurkan sejak bulan april yang lalu, dan Kecamatan Nglegok mendapatkan jatah sepuluh desa termasuk jiwut. “Desa Jiwut sebenarnya tidak menolak menanda-tangani, namun menunggu giliran sosialisasi dari pihak BPN Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap merupakan Inspres dari Presiden Jokowi, yang sudah disetujui oleh tiga mentri, yakni Mentri Dalam Negri, Mentri Agraria dan Mentri Desa yang diperuntukkan bagi masyakarakat yang belum mempunyai sertifikat. (Moch. Asrofi)

Tinggalkan Balasan