Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Tinjau Lokasi Musibah Angin Putting Beliung

Blitar – Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, meninjau secara langsung belasan bangunan rumah warga yang rusak berat akibat diterjang angin puting beliung, di Desa Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar,Sabtu (2/3/2019).

Dalam kunjungannya, Marhaenis U.W didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Heru Irawan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Dicky Cobandono, serta Muspika Kecamatan Selopuro.

Pada kesempatan tersebut, Marhaenis U.W juga mengunjungi rumah milik Isro’i di Dusun Pakel , yang kondisinya sangat parah, roboh rata dengan tanah. Selain itu Marhaenis U.W juga mengunjungi rumah Umi Zulaikah Dusun Jajar, yang kondisnya rusak berat nyaris roboh tertimpa pohon kelapa.

Di tempat Umi Zulaikah inilah orang nomor dua di Kabupaten Blitar berbaur dengan warga dan muspika turut melakukan gotong royong membersihkan puing reruntuhan bangunan rumah serta memberikan bantuan kepada pemilik rumah yang menjadi korban terjangan putting beliung.

“Kami sangat prihatin dengan adanya kejadian Puting Beliung yang merusak belasan rumah rumah , kami dari Pemkab Blitar melalui BPBD begitu kejadian langsung tanggap darurat, melihat langsung kondisinya sebenarnya dan memberikan bantuan,” ungkapnya,Sabtu (2/3/2019).

Sementara itu, Heru Irawan Kepala BPBD kabupaten Blitar mengatakan, kejadian puting beliung di empat Dusun Desa Selopuro ini terdapat 11 rumah rusak , 9 rusak ringan dan satu roboh dengan tanah.

“Saat ini kami tengah menginvetarisir rumah yang rusak ini dan memberikan bantuan berupa sembako serta selimut dan nantinya setiap rumah yang rusak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah berupa material bangunan, masing – masing senilai 3 juta.” Ujar Heru Irawan.

Lebih lanjut Heru Irawan menjelaskan , bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Camat dan desa perihal menghadapi cuaca ekstrim. Terutama, yang rawan longsor dan BPBD sudah mempetakan daerah rawan tersebut. (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan