Wakil Bupati Blitar Marhaenis Dampingi Jokowi Tinjau Proyek Normalisasi Kali Bogel Senilai 162,8 M Di Blitar

Blitar– Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek normalisasi Kali Bogel di Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar,Kamis (3/1/2018). Jokowi tiba bersama rombongan sekitar 13.30 WIB didampingi segneg Pramono Anung ,menteri PUPR Gubernur Jawa Timur Soekarwo disambut dengan turunnya hujan lebat.

Meski hujan, Jokowi tidak mengurungkan niatnya untuk meninjau proyek sepanjang 7,21 kilometer dengan anggaran sebesar Rp.162,8 miliar yang diproyeksikan selama 4 tahun ,dimulai sejak tahun 2017 hingga 2020.

Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo turut mrndampingi Jokowi meninjau lokasi proyek normalisasi Kali Bogel yang baru berjalan kurang lebih 22,29 persen tersebut. “Proyek ini ditargetkan mampu mengendalikan banjir pada lahan seluas 500 hektar. Proyek normalisasi ini dalam rangka mengantisipasi banjir. Sebab pada 2004 silam, banjir setinggi 3 meter merendam rumah warga di lima desa akibat luapan air Kali Bogel.”Kata Rijanto.

Lanjut Rijanto , lima desa terendam tersebut antara lain Sutojayan, Kedung Bunder, Bacem dan Kalipang. Kali Bogel berhulu di daerah Margomulyo dari pertemuan sungai-sungai kecil tersebut mengalir ke Sungai Brantas. Banjir terjadi akibat pembalakan liar yang mengakibatkan hutan gundul.”.Pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Blitar Marhaenis U.W berharap normalisasi kali Bogel berjalan lancar karena proyek Ini diharapkan mampu mengendalikan banjir yang setiap tahun menjadi masalah bagi warga lima desa sekitaran kali bogel.”Tutur Marhaenis.U.W (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan