Wabup Blitar Rahmad Santoso Di Dampingi Muspika Srengat Tinjau Dua Lokasi Dampak Gempa

Wabup Blitar Rahmad Santoso Bersama Muspika Srengat Tinjau Rumah Korban Gempa Serahkan Bantuan Sembako

Blitar,JTV Mataraman : Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso meninjau lokasi korban gempa  dua desa  wilayah kecamatan  Srengat , Desa Selokajang dan Desa Purwokerto  Kecamatan Srengat, Minggu ( 11/04/2021).

 Kedatangannya  orang nomor dua di jajaran Pemkab Blitar ini untuk memastikan masyarakat agar tetap tenang ditimpa musibah  dan  menginstruksikan instansi terkait segera melakukan pendataan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Rahmad Santoso mengakui musibah yang menimpa masyarakat kabupaten Blitar cukup mengejutkan sebab sebelumnya sama sekali tidak dapat diprediksi , namun yang namanya musibah kapanpun bisa saja terjadi.

” Ini musibah yang tidak kita inginkan, kuatnya guncangan gempa bumi berkekuatan 6,7 SR yang berpusat di Malang itu mengakibatkan rumah warga dan fasilitas umum di wilayah Kabupaten Blitar  banyak mengalami kerusakan.” kata Wabup Rahmad Santoso.

Lebih lanjut Wabup Rahmad Santoso menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Blitar agar tetap tenang .

” Realase dari BMKG menyampaikan bahwa Gempa magnitude 6.7 SR yang terjadi kemarin tidak berpotensi akan tsunami, Saya harapkan agar para masyarakat tetap tenang, selalu berdoa.”imbuhnya

Kunjungii Rumah Korban Gempa Wabup Rahmad Santoso Turut Prihatin Musibah Gempa Serta menyalurkan Bantuan Sembako

Orang nomor  dua di Jajaran Pemkab Blitar di  ini turun ke lokasi korban gempa bersama  tim  dari Kabupaten Blitar dan didampingi Muspika Srengat , meninjau langsung rumah korban yang rusak akibat gempa bumi  yang berpusat di malang berkuatan 6,7 skala richter tersebut.

Di  dua desa itu Terinvetarisir sebanyak 15 rumah warga mengalami rusak berat ,ringan dan sedang. Selokajang sebanyak 3 unit dan Purwokerto 12 unit.  Sa’at Wabup Rahmad Santoso menyambangi  rumah korban , proses pembersihan material sebagian masih berlangsung.

Kades Selokajang Sarjuni , mengatakan Di Desa Selokajang , terdapat tiga rumah warga rusak akibat gempa yakni  dua rumah milik keluarga Tumidi  berada di RT.02 RW. 02 Dukuh Maron dan Rumah Marmin berada di  RT. 03 RW.05 Dukuh Krajan.

“ Tiga rumah warga saya , mengalami keruskan bagian tembok retak retak dan teras roboh. Akibat keruskan itu biaya perbaikan di taksir  menghabiskan antara 50 – 60 juta”. Kata Sarjuni

Selain melaksanakan peninjauan Wakil Bupati  Rahmad Santoso juga menyerahkan bantuan kepada korban yang terkena dampak gempa Bumi yang terjadi, bantuan tersebut berupa Satu Paket Sembako.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar ,Ahmad Cholik mengatakan Untuk membantu perbaikan rumah warga terdampak gempa, Pemkab Blitar akan memanfa’atkan dana darurat sebesar 8 milyar.

” Kami masih melakukan pendataan dan kajian tingkat kerusakan untuk menentukan rumah siapa saja yang akan di beri bantuan dan secepat mungkin akan kami serahkan.” Jelasnya.

Data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Blitar dilaporkan ada 334 bangunan yang rusak , 9 unit kategori rusak berat, 86 rusak sedang dan 249 rusak ringan. (As)

Tinggalkan Balasan