Wabup Blitar Marhaenis U.W Buka FKP Ranwal RKPD Tahun 2020

Blitar – Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo,S.Sos membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blitar Tahun 2020 . yang dilaksanakan di lantai 3 aula Kantor Pemkab Blitar, di Kanigoro,Jum’at (1/2/2019).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Blitar ini dihadiri sekretaris daerah Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono,MM , Dr.Aang Afandi, SE., MM., Peneliti senior pada Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang,Kepala Bappeda Kabupaten Blitar Ir.Suwandito, Kepala OPD Se Kabupaten Blitar,Camat,Rektor Unisba Drs.Subihantoro,MM ,Dunia Usaha dan Tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo,S.Sos saat membuka menyampaikan bahwa forum ini merupakan wadah musyawarah yang melibatkan pemangku kepentingan Kabupaten Blitar untuk pemutakiran rancangan awal RKPD. Dokumen Ranwal RKPD yang dimusyawarahkan pada hari ini merupakan bentuk penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Blitar Periode 2016-2021. Yang di dalamnya memuat penjabaran dari visi, misi Kepala Daerah yang harus dicapai dalam kurun waktu lima tahun
Marhaenis U.W berharap melalui forum konsultasi publik ini seluruh stakeholders atau pemangku kepentingan akan mengetahui dan turut memikirkan tentang bagaimana kondisi keuangan daerah, prioritas pembangunan daerah serta program yang akan menjadi prioritas di tahun 2020 mendatang, yang merupakan tahun ke-empat perencanaan pembangunan.

“Untuk itu diminta kepada pejabat dan personil perencanaan tetap konsisten dengan kesepakatan forum ini guna mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Blitar yang kita cita-citakan,” kata Marhaenis U.W.

Orang nomor dua di kabupaten Blitar ini juga menyampaikan, bahwa tahun 2020 merupakan tahun pemantapan kinerja Bupati dan Wakil Bupati Periode 2016-2021. Karena tahun 2021 merupakan tahun akhir pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati selain itu bahwa tahun 2021 juga merupakan tahun politik, yang menyebabkan kemungkinan besar kinerja pemerintahan sedikit terhambat”. Ujarnya.

Sebagaimana tertuang dalam arah kebijakan RPJMD Kabupaten Blitar 2016-2021, terdapat empat sasaran yang menjadi vokus tahun pemantapan pembangunan 2020. Merujuk sasaran tersebut maka tema pembangunan untuk RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2020 adalah ‘Memantapkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Daya Saing Daerah dan Kesejahteraan Rakyat’. Tema tersebut dijabarkan menjadi empat prioritas pembangunan yakni penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemenuhan dan peningkatan kualitas infrastruktur dasar, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, industri kecil serta koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata serta fasilitasi Pilkada Periode 2021-2026,” tambah Marhaenis.U.W. (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan