Wabup Blitar Buka Sosialisasi Perpustakaan Bung Karno Sumber Insiprasi Nasionalisme

Blitar : Untuk mempertahankan nasionalisme dan idealisme Bung Karno, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno bekerjasama dengan Perpustakaan Nasioanal RI , Pemprov Jawa Timur, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar , menggelar Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno , Rabu (3/10/2018) di Kampung Coklat, Plosorejo Kademangan.

Acara sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Blitar Marhaenis U.W dan dihadiri oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar Jawa Timur Dr. Suryanto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Drs.Budi Kusumarjoko, M.Pd., Dekan Fakultas Sospol Unisba Drs. Hery Basuki, MM., Kepala OPD, mahasiswa, pelajar SMP/MTs sederajat se Kab/Kota Blitar, Budayawan serta Pelajar SMA/SMK.

Adapun tujuan dari sosialisasi ini salah satunya adalah untuk menggali ide pemikiran dan ajaran serta idealisme Bung Karno sebagai inspirasi. Hal ini sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Muhajir, Ketua Panitia dalam sambutannya. “Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini agar bisa memantapkan kembali Nasionalisme Indonesia dengan menerapkan ide pemikiran dan ajaran serta idealisme Bung Karno sebagai inspirasi, mensosialisasikan perpustakaan sebagai sarana dalam mencerdaskan sekaligus melestarikan nasionalisme Indonesia” Ujarnya.
“Manfaat yang kami harapkan dari kegiatan ini dapat tersosialisasinya nasionalisme Indonesia dan Idealisme Bung Karno sekaligus sebagai titik balik membangun kembali rasa nasionalisme Indonesia melalui perpustakaan dan mendirikan karakter bangsa”. Sambungnya.
Sementara itu dalam sambutan Wakil Bupati Blitar Marhaenis U.W sekaligus membuka Sosialisasi Pemasyarakatan Nasionalisme Indonesia dan Idealisme Bung Karno “Nasionalisme merupakan sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan. Dengan demikian masyarakat suatu bangsa dapat merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa itu sendiri. Nasionalisme juga dapat diartikan sebagai semangat kebangsaan, yaitu cinta terhadap bangsa dan tanah air.” ujar Marhaenis.
“Melalui kegiatan ini kita berharap dapat menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi penerus bangsa dalam era digital dan informasi sekarang ini dapat menggali ide, pemikiran dan ajaran serta idealisme Bung Karno sebagai sumber inspirasi menetapkan kembali nasionalisme Indonesia serta menjadikan perpustakaan sebagai sarana dalam mencerdaskan sekaligus melestarikan nasionalisme Indonesia” Tegas Orang nomor dua di Kabupaten Blitar (3/10/2018).
Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, Suyatno menuturkan, dalam kegiatan sosialisasi materi yang disampaikan kepada peserta diantaranya terkait unsur-unsur nasionalisme dan idealisme sang proklamator untuk Indonesia semasa hidupnya. Acara sosialisasi ini juga digelar dialog dengan narasumber Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Dr. Suyatno dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik Unisba Drs. Hery Basuki, MM dan Budayawan. ( Ervin)

Tinggalkan Balasan