Chikungunya Merebak, Dinas Kesehatan Tulungagung Lakukan Fogging

Tulungagung – Pasca ditemukannnya puluhan warga di satu desa di Tulungagung , terserang chikungunya, Dinas Kesehatan setempat langsung melakukan fogging untuk memutus rantai perkembangan nyamuk aedes albopictus.

Dinas Kesehatan Tulungagung, langsung bergerak cepat melakukan fogging terhadap 2 RT di Desa Pinggisari , Kecamatan Ngantru. Setelah ditemukan 31 warga dari berbagai usia terserang demam chikungunya. Fogging dilakukan pada radius 200 meter dari lokasi ditemukan serangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes albopictus.

Dalam fogging ini, hampir seluruh lingungkan baik yang tidak terjangkiti virus chikungunya maupun yang terjangkiti tak luput dari pengasapan insektisida.

Menurut Didik Eka, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung, tidak hanya melakukan fogging, pihaknya juga melakukan sosialiasi cara berperilaku hidup sehat dan bersih. “Bersamaan dengan fogging juga melakukan rapid tes dan pengukuran suhu tubuh terhadap warga yang menderita sakit chikungunya, “jelasnya.

Sejauh ini, wabah penyakit chikungunya di Tulungagung tidak hanya terjadi di Desa Pinggirsari saja, tetapi juga telah menjangkiti 2 warga di Kecamatan Boyolangu. Namun masih dilakukan penelurusan oleh Dinas Kesehatan. (bon/p7)

Tinggalkan Balasan