Usir Corrona Warga Gelar Baritan Perempatan

Blitar,JTV Mataraman.com : Warga Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar menggelar Kenduri di perempatan jalan. Warga menyakini tradisi unik baritan ini dapat menolak balak atau wabah Corrona yang saat ini di takuti masyarakat, seperti salah satunya dilakukan oleh warga RT.02 RW.02 Kelurahan Kauman,Rabu (19 /08/2020)
Warga berbondong-bondong sukrela kompak datang dengan membawa aneka masakan yang ditempatkan di daun pisang atau biasa disebut takir, serta diiringi acara tahlilan yang dipimpin oleh tokoh agama setempat.

“Jadi kenduri tolak balak berupa baritan ini merupakan budaya turun temurun l biasa kita lakukan setiap tahun memasuki bulan suro. Namun kali ini bertujuan untuk menyambut malam 1 suro juga untuk menolak dan mengusir wabah virus corona,” kata Edi Ketua RT.02 RW.02 kepada JTV.Mataraman.com

Lanjut Edi , Wabah virus corona (Covid-19) hingga kini masih menghantui masyarakat. Dampaknya hampir dirasakan di semua sektor kehidupan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk perang melawan virus corona, namun wabah masih saja menghantui masyarakat. “ Semoga dengan Kenduri baritan dan do’a bersama yang gelar ini dapat mengusir virus corona.”Tambahnya.

Sementara itu Mukido Tokoh masyarakat setempat menuturkan kenduri tolak balak merupakan tradisi para leluhur atau pendahulu dengan tujuan agar warga terhindar dari berbagai macam penyakit.Salah satunya berupa harapan agar virus corona segera diangkat dari muka bumi ini.

“ Selain untuk tolak balak juga meminta berkah dan keselamatan dan kemakmuran di tahun mendatang.”Tuturnya Mbah Mukido kepada JTV Mataraman.com

Usai melakukan do’a bersama, warga yang hadir langsung menyantap nasi dan lauk pauk yang dibawanya. Kebersamaan itu juga merupakan wujud kerukunan warga setempat.(As)

Tinggalkan Balasan