Unik!! Lomba Ijab Kenduri Peringatan Hari Santri

KOMPETISI: Sejumlah Peserta Qiroatil Hajat Tengah Berlomba Untuk Menjadi Yang Terbaik

Tulungagung, JTVMataraman.com: Lomba Musabaqoh Qiroatil Hajat yang dalam bahasa jawa biasa disebut ngajatne atau bacaan doa pada saat kenduri ini Digelar Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Dan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Gondang Tulungagung.Lomba unik dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 ini diikuti sedikitnya 14 peserta yang berasal dari sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Gondang.

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama MWC NU Kecamatan Gondang Mohamad Sofwan mengatakan lomba ngajatne ini digelar untuk menjaga dan melestarikan tradisi kenduri yang lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.


Menurut salah seorang juri lomba Supanji terdapat tiga kriteria dalam penilaian lomba ijab kenduri ini. Penilaian meliputi Keislaman, Tata Krama Dan Tata Bahasa.3 kriteria tersebut menjadi tolak ukur penilaian karena kenduri merupakan perpaduan antara Budaya Jawa dengan nilai-nilai dalam Agama Islam.


Juru Ijab Kenduri atau tukang ngajatne saat ini didominasi oleh orang-orang tua. Dengan adanya kegiatan lomba seperti ini diharapkan bisa memunculkan generasi berikut yang bisa memimpin upacara kenduri dengan baik dan benar. (bon)