Tulungagung Selatan Darurat Air Bersih, BPBD Droping Air Bersih Gratis

Tulungagung – Puluhan kepala keluarga di Dusun Darungan Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, jum’at siang (03/8/18) mendapatkan suplai bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung sebanyak 4 ribu liter.

Dengan menggunakan tong dan jurigen warga mengantri untuk memperoleh pasokan air bersih gratis yang di berikan BPBD Tulungagung.

“Warga kekurangan air sejak lebaran lalu,” ujar Siti Alfiyah

Debit air sumur yang biasanya digunakan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan sehari hari sudah berkurang. Bahkan kini kedalaman sumur warga mencapai dua puluh meter.

“Meskipun masih terdapat airnya, namun kondisinya keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi,” tambahnya.

Selama musim kemarau ini warga membeli air bersih, seharga sepuluh ribu rupiah untuk tiap seratus liter. Dalam satu hari rata rata warga membutuhkan hingga tiga ratus liter air bersih.

Nursono  Kasi Logistik Dan Kedaruratan BPBD Tulungagung mengatakan, selain kecamatan Kalidawir, terdapat empat Kecamatan lain yang rawan kekeringan yaitu Kecamatan Pucanglaban, Kecamatan Rejotangan, Kecamatan Tanggunggunung Dan Kecamatan Besuki.

“Ada empat kecamtan yang mengalami kekeringan,” jelasnya.

BPBD Tulungagung berencana untuk menyuplai kebutuhan air bersih di daerah tersebut setiap hari. Mereka juga akan melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah lain, terkait penyuplaian air bersih ini.

Wilayah yang dinyatakan rawan kekeringan ini rata rata berada di kawasan selatan. Jika musim penghujan tiba kebutuhan air bersih warga bisa dipenuhi dari sumur. Namun jika musim kemarau warga hanya bisa mengandalkan bantuan air bersih atau membelinya. (Danu)

 

Tinggalkan Balasan