Tradisi Bersih Desa Bendosewu Gelar Wayang Semalam Suntuk

Blitar – Tiap wilayah di Indonesia terutama di daerah Jawa memiliki tradisi yang sudah dilakukan turun temurun sejak zaman dulu hingga kini. Seperti di Blitar tepatnya di desa Bendosewu setiap tahunnya melakukan tradisi bersih desa yang dilaksanakan setiap jum’at legi yang dilengkapi dengan pertunjukan wayang semalam suntuk. Acara wayang ini setiap tahunnya digelar di kediaman Kepala desa Bendosewu Sri Unaryati.

Pagelaran wayang semalam suntuk ini juga dihadiri wakil Bupati Blitar Mahernaes, kepala BNN Agus Priyanto, seluruh OPD kabupaten Blitar, seluruh camat se Kabupaten Blitar, Muspika kecamatan Talun serta seluruh kepala desa se kecamatan Talun. Dalam pantauan wartawan JTVmataraman.com, sejak sore warga desa Bendosewu dari berbagai kalangan mulai anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua telah memadati kediaman Sri Unaryati.

Bersih desa atau istilah dalam jawa Nyadran adalah sebuah kebudayaan masyarakat yang telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa juga sebagai wujud syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa baik dalam hasil panen, kesehatan, pembangunan, dan kesejahteraan yang diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan kepada Tuhan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.
Sebelum wayang semalam suntuk dimulai Kepala Desa Bendosewu Sri Unaryati dalam sambutannya menyampaikan dengan adannya bersih desa bukan membersihkan kotoran sampah melainkan harus membersihkan diri yaitu dengan memiliki rasa jiwa sosial, gotong royong dengan tercapainya masyarakat Bedosewu yang adil, damai, tentram, gemah ripah loh jinawi.

“Dengan adanya bersih desa ini warga desa bendosewu harus bekerja sesuai bidangnya, misalkan PNS gajinya bisa meningkat dan meningkat , jika petani juga petani dengan hasil melimpah . KIta harus bersih dari segala kekotoran kalau jaman sekarng jangan bohong lagi.” Tambahnya , Kamis (28/9/2018).

Di akhir sambutannya Sri Unaryati juga mengatakan ucapan terima kasih kepada wakil bupati Blitar yang telah menyumbangkan materi untuk terlaksananya acara bersih desa dan ucapan terima kasih seluruh warga masyarakat Bendosewu dalam rangka memperingati hari kemerdekaan yang ke 73 beberapa hari yang lalu mengadakan karnaval dengan sangat luar biasa. (Ervin) .

Tinggalkan Balasan