Tipu Konsumen, Karyawan Dealer Motor di Trenggalek Ditangkap Polisi

Trenggalek – Wanda Kurniawan (28) warga Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, ditangkap jajaran unit Satreskrim Watulimo karena kasus penipuan dan penggelapan motor.
Pelaku yang juga karyawan dealer motor di Karya Agung Durenan, ditangkap polisi saat berada di Kota Denpasar, Provinsi Bali beserta barang bukti berupa selembar kertas kwitansi sebagi bukti pembelian motor honda Vario 125 CBS yang ditandatangani pelaku.
Menurut Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibisono, menjelaskan, pelaku ditangkap karena diduga kuat telah melakukan penipuan terhadap konsumen yang hendak membeli motor lewat perantara dirinya.
Dari tindakan pelaku, korban yang diketahui bernama Nursiman (53) warga Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, mengalami kerugian yang ditafsir mencapai Rp. 19.700.000.
Peristiwa bermula pada tanggal 3 september 2017, saat itu korban membeli motor ke dealer lewat perantara pelaku yang merupakan karyawan dealer. “Kemudian pelaku menjanjikan akan mengirim motor ke rumah korban secepatnya,” kata AKBP Didit Bambang Wibisono.
Korbanpun mempercayai hal tersebut, lalu menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 19.700.000. Namun setelah ditunggu cukup lama, motor tidak kunjung dikirim dan uang pembayaran pun juga tidak dikembalikan.
“Korban juga telah menghubungi pelaku akan tetapi nomor yang digunakan sudah tidak aktif dan keberadaannya tidak diketahui. Kemudian korban melaporkan hal tersebut ke Polres Trenggalek,” ucap AKBP Didit Bambang Wibisono.
Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, pelaku berhasil ditangkap pada kamis 21 Februari 2019, sekitar pukul 23.45 di Denpasar,Bali, dan uang yang diterima pelaku sudah digunakan habis untuk kepentingan pribadinya.
Pelaku akan dikenakan pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dana atau penggelapan yang diancam dengan pidana maksimal 4 tahun penjara. (Herlambang)

Tinggalkan Balasan