Tidak Mampu, Penderita Tumor Di Jombang Kesulitan Berobat

Jombang – Tinggal di rumah bersama istrinya Sukadi (46) warga Dusun Kedungboto Desa Podoroto Kecamatan Kesamben Jombang, menderita sakit kanker. Pria beranak dua orang yang biasanya bekerja menjadi kuli angkut ayam ini sudah tidak bisa bekerja lagi, karena penyakit yang dideritanya

Isteri Sukadi Sulamah (41) tak henti-henti menangis setiap suaminya dijenguk tetangga ataupun orang yang berempati. Sukadi hanya bisa pasrah saat tumor di lehernya bocor. Dengan obat seadanya dia  menutup dengan plaster, sebab sebelumnya sempat dibawa ke RSUD dr. Sutomo Surabaya tidak berhasil dioperasi.

“sudah menunggu antrean selama satu bulan, meskipun sudah mengantongi Kartu Indonesia Sehat tapi tidak kunjung mendapatkan layanan operasi”, jelas Sukadi.

Kepala desa setempat mengaku telah beberapa kali mengupayakan Sukadi untuk mendapatkan layanan pengobatan. Salah satunya pernah dibawa ke RSUD Jombang. Namun juga belum  dioperasi tanpa diketahui penyebabnya.

“Upaya pemerintah desa menghimpun dana sosial untuk keluarga sukadi, selain berupaya melaporkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang agar bisa dibantu pengobatannya” jelas Ansorul Hakim Kades Podoroto.

Keluarga Sukadi hidup dalam kekurangan, kini hanya menunggu uluran tangan dermawan. Sebab meskipun pemerintah membawa Sukadi ke Rumah Sakit, namun untuk hidup sehari-hari baik di rumah sakit maupun di rumah. (Saiful)