Tiba di Makam Bungkarno, Api Asian Game 2018 Diterima Puan Maharani

Blitar – Rombongan api Asian Game 2018, Jumat (20/7) siang tiba di Kota Blitar, api asian game diterima oleh salah-satu atlet tenis meja, Lingling Agustin, yang pernah bertanding di olimpiade dan langsung dibawa masuk ke lokasi makam bung karno, dan diserahkan kepada Menteri PMK Puan Maharani.

Makam Bung Karno dipilih menjadi salah-satu rute api asian game, karena diambil sisi sejarahnya. Diharapkan, pada asian game ini, Indonesia mampu masuk sepuluh besar.” Kata Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Tambah Puan Maharani, Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah asian game kedua, setelah 56 tahun yang lalu juga sempat menjadi tuan rumah. Puan juga akan memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi.

“Indonesia sudah mempersiapkan para atlet untuk memberikan prestasi terbaik untuk bangsa, dan diharapkan mampu masuk sepuluh besar,” ujar Puan Maharani.

Setelah dari Makam Bung Karno, api asian game kemudian diarak keliling Kota Blitar, menuju balai kota. Tak pelak, arak-arakan api asian game 2018 ini menjadikan warga kota blitar antusian untuk melihat dan memberikan dukungan.

Sementara Erick Tohir, selaku ketua panitia asian game mengatakan, untuk rute api asian game sengaja dipilih kota-kota yang mempunyai sejarah.

“Salah satunya Kota Blitar yang menjadi tempat persemanyaman tokoh proklamator Bung Karno,” jelas Erick Tohir.

Terkait adanya kabut asap di Palembang, semua pihak sudah bahu-bahu untuk mengatasi. Api asian game sendiri, diambil dari api abadi di daerah Grobogan, Jawa Tengah dan diarak keliling ke kota-kota di Indonesia yang mempunyai history.

Seperti Candi Penataran, Yogyakarta, Kota Blitar, Banyuwangi, Bali, Papua, Aceh, NTB, Sumatra Utara, Jawa Barat dan terakhir finis di stadion GBK,Jakarta pada tanggal 18 Agustus. (Danu)