Tangkal Hoax, Aji Kediri Gelar Google News Initiative Training Network Training Network

Tulungagung – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, bekerjasama google news initiative dan internews menyelanggarakan pelatihan google tools terhadap wartawan di Tulungagung.

Ada dua puluh lima jurnalis di eks karisidenan Kediri mengikiti google news initiative training network selama dua hari, sabtu-minggu (27-28/10/2018) di tulungagung

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalis untuk memverifikasi informasi baik itu berita, foto dan video sehingga bisa menangkal berita hoax yang menyesatkan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalis se Eks Karisidenan Kediri untuk memverifikasi informasi sehingga bisa menangkal berita hoax yang menyesatkan masyarakat,” jelas Ikaningtyas trainer google news initiative.

Geril project coordinator internews indonesia menjelaskan akses informasi masyarakat di internet semakin terbuka dan tidak hanya dari media massa seperti koran, televisi dan radio.

“Selain isinya produk jurnalistik juga banyak hoax, fake news atau misinformasi dan disinformasi, bahkan ada sebagian jurnalis atau media mereproduksi misinformasi atau disinformasi yang tidak mendidik masyarakat,” tambah Geril.

Lanjut Geril, sehingga internews secara inisiatif terhubung dengan google yang diorganisir oleh AJI Kediri melakukan pelatihan untuk memverifikasi atau mengecek fakta yang beredar di internet.

Dalam pelatihan ini, ada beberpa materi pengenalan tool untuk memverifikasi data dan fakta yang ada di internet setiap tools yang diberikan kepada para jurnalis dalam pelatihan ini akan di praktekan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai jurnalis.

“Pada program ini pertama kali dilakukan google di dunia dan yang terbesar di indonesia, targetya melatih 2 ribu jurnalis dan citizen journalist atau blogger,” tambahnya.

Harapanya pelatihan seperti ibi perlu dilakukan berkelanjutan sesuai perkembangan teknologi dan informasi yang juga berkembang cepat. (Danu)

Tinggalkan Balasan