Tambah Pengetahuan Penyuluh, Distanpang Kab Blitar, Studi Banding Ke Distan Kab. Buleleng

Blitar – Guna menambah serta mengembangakan pengetahuan dan ketrampilan para penyuluh pertanian ,Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar melakukan studi banding ke Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Propinsi Bali.Selasa (23/4/2019).

Kehadiran peserta studi Banding yang terdiri dari 85 penyuluh Kabupaten Blitar ini didampingi oleh sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Drs.Cuk Widatmuko,MM dan Kelompok Jabatan Fungsional dan diterima langsung oleh Ir.I Made Sumarta.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Drs.Cuk Widatmuko,MM mengatakan bahwa studi banding ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan para penyuluh pertanian di kabupaten blitar dan ini sangat penting sebagai bekal para penyuluh saat nantinya membimbing dan mengajar para petani agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Para penyuluh harus banyak menimba ilmu salah satunya melalui studi banding seperti ini , diharapkan dengan banyak pengetahuan ilmu teknologi yang dimiliki , petani akan mendapkan hasil yang meningkat”, Kata Drs.Cuk Widatmuko,MM kepada Media.

Sementara itu dalam paparannya Plt.Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta menyebutkan Kabupaten Buleleng di tahun 2018 produksifitas padi surplus 4 persen lebih , dari 15 ribu hektar produksi beras mencapai 40 ribu ton lebih.

”Untuk produksi beras meski surplus kami tetep memperitaskan untuk pemenuhan kebutuhan beras masyarakat Buleleng , memang sebagian beras dijual keluar daerah seperti ke Banyuwangi serta beberapa daerah lainnya.” tuturnya.

Lanjut I Made Sumiarta, bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng menerapakan 6 program untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, seperti pengembangan intensifikasi penerapan teknologi pengembangan benih pembibitan, peningkatan perlindungan dari serangan hama, promosi peningkatan produk pertanian dan pengembangan teknologi pasca panen untuk menekan penyusutan hasil panen.” Ungkapnya .

Tidak hanya tanaman pangan Kebupaten Buleleng juga berhasil mengembangkan berbagai aneka tanaman hortikultura salah satunya adalah mangga yang meruapakan komoditas unggulan sangat potensial untuk peningkatan ekspor. “ Tanaman mangga sangat cocok dengan iklim di Buleleng.”Pungkasnya. (Asf)

Tinggalkan Balasan