Tak Sampai 24 Jam, Pohon Punden Keramat Di Tulungagung Terbakar Dua Kali

WASPADA: Terlihat tim damkar sedang memadamkan api yang membakar pohon besar di sekitat Punden Mbah Driyo Kusumo, Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, (14/10).

Tulungagung, JTVMataraman.com: Pohon di sekitar Punden Mbah Driyo Kesumo yang dianggap keramat oleh masyarakat di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut terbakar dua kali, dalam waktu kurang dari 24 jam. Diduga akibat dupa yang dibakar merembet ke pohon tersebut.

Kabid Damkar, Satpol PP Tulungagung, Gatot Sunu Utomo mengatakan, kebakaran pertama kali terjadi pada malam jumat kemarin (14/10) sekitar 20.58 WIB. Mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung menerjunkan satu armada damkar dan satu tangki suplay.

“Berdasarkan informasi dari warga, kabakaran itu bermula dari ada masyarakat yang membakar dupa di punden tersebut. Karena lokasinya di bawah pohon besar serta banyak tumpukan daun kering, akhirnya api membakar daun dan merembet ke pohon,” terangnya.

Gatot menjelaskan, sesampainya di lokasi tempat kejadian (TKP), tim langsung bergegas memadamkan api yang membakar pohon di kawasan punden tersebut.

“Malam kemarin (14/10) kami telah memadamkan api, dan memastikan api sudah padam,” jelasnya.

Namun, pagi tadi (15/10) pihaknya mendapatkan panggilan dari Kecamatan Ngunut bahwa pohon besar yang ada di sekitar punden terbakar kembali. Lantas, pihaknya langsung menerjunkan kembali tim damkar.

“Itu sekitar 11.00 WIB, kami terjunkan kembali damkar ke TKP,” ujarnya.

Gatot melanjutkan, setelah sampai di TKP baru diketahui ternyata ada lubang di batang pohon tersebut. Dan deketahui bahwa di lubang tersebut masih ada bekas nyala api.

“Bisa jadi, karena malam kemarin kondisi angin juga cukup kencang dan masih ada bekas nyala api, maka dapat memunculkan api,” tuturnya.

Saat ini kondisi pohon yang terbakar di sekitar punden keramat tersebut sudah berhasil dipadamkan oleh tim damkar. (ham)