Sumur dan Mata Air Mengering, Warga Ngawi Kekurangan Air Bersih

Ngawi – Terkena dampak kemarau panjang, warga Desa Gunungsari Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, mengalami krisis air. Sumur dan mata air di desa setempat, telah mengering.

Bukan sumber air jernih dan berlimpah yang dituju, melainkan lubang mata air di tengah hutan gersang. Itulah yang dilakukan warga sejak sumur dan sumber air mereka mengering dalam 5 bulan terkahir.

Meski jumlahnya tak banyak dan keruh, lubang itu telah menjadi tumpuan ratusan warga setempat, untuk masak dan minum saja. Sedangkan untuk kebutuhan mandi sudah tidak mencukupi.

Ika Wijayanti, warga setempat, mengatakan, setiap hari ia bersama warga yang lain berjuang mendapatkan air dari lubang di tengah hutan.

“Warga rela antri hingga berjam-jam, itupun jika masih mendapatkan air. Jika tidak, hanya bisa mengandalkan belas kasihan dari tetangga yang saat itu mendapatkan air,” kata Ika.

Dengan kondisi tersebut, warga hanya bisa berharap Pemerintah Kabupaten Ngawi, segera turun tangan memberikan bantuan air bersih untuk meringankan penderitaannya. (Herpin)

Tinggalkan Balasan