Stok Darah di UTD PMI Blitar menipis, Terutama Darah Jenis Trombosit

Blitar – Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Blitar menyatakan hanya ada 13 kantong darah komponen trombosit (TC) yang bisa di produksi hingga 3 sampai 5 hari ke depan, kelangkaan ini terutama pada golongan darah AB dengan stok kosong.

Bambang Wahjudianto sekretaris UTD PMI Kabupaten Blitar mengatakan upaya dari UTD PMI Kabupaten Blitar mengenai menipisnya kantong darah trombosit maupun jenis darah lainnya yang hanya bisa di produksi hingga 5 hari ke depan yakni dengan membuka layanan donor darah setiap hari dengan bekerja sama 110 kelompok donor darah di Kabupaten Blitar.

“Golongan darah AB untuk jenis darah PRC juga kosong, kami tentu terus berupaya dengan cara bersosialisasi ke beberapa sekolahan, instansi dan warga masyarakat. Saya sampaikan bahwa jenis darah PRC hanya berjumlah 21 kantong darah yakni golongan A berjumlah 9, golongan B berjumlah 9, golongan O hanya berjumlah 4.” Ungkapnya.

Persediaan darah secara keseluruhan di UTD PMI kabupaten Blitar berjumlah 251 kantong darah dengan darah Wholed Blood (WB) golongan A berjumlah 46, golongan B berjumlah 39, golongan O berjumlah 87 dan golongan darah AB berjumlah 44.
“Kami menghimbau marilah kita peduli sesama. Darah yang anda berikan merupakan harapan hidup seseorang. ” Kata Bambang Wahjudianto, kamis (29/11/2018). (Ervin)

Tinggalkan Balasan