Sosialisasi Ke Pemilih Pemula, KPU Gelar Lomba Cerdas Cermat Pelajar

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, menggelar lomba cerdas cermat pilkada tingkat SMA. foto : Danu

Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung menggelar lomba cerdas cermat Pilkada tingkat Sekolah Menengah Atas. Para peserta mayoritas merupakan pemilih pemula, yang akan menggunakan hak pilihnya  pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini.

Suyitno Arman komisioner KPU Kabupaten Tulungagung  menjelaskan, tingginya jumlah pemilih pemula menjadi perhatian sendiri , beberapa program sosialisasi dan edukasi bagi pemilih pemula terus digalakkan untuk menekan angka golput. “Mereka juga diharapkan untuk aktif, dalam melakukan sosialisai pelaksanaan pilkada serentak tahun ini, jelas Arman.

Meskipun masih pelajar namun pengetahuan mereka tentang pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia cukup bagus, pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri mampu mereka jawab.

Lomba cerdas cermat ini merupakan salah satu upaya KPU untuk melakukan edukasi terhadap pemilih pemula, “seusai data jumlah pemilih pemula di wilayah Tulungagung, mencapai empat puluh ribu pemilih. diharapkan dengan lomba ini, mereka bisa berpartisipasi dengan mengajak pemilih lainnya untuk datang ke tempat pemungutan suara”, tambahnya.

Monika salah satu peserta cermat mengungkapkan terdapat tiga materi pokok yang diujikan oleh dewan juri, yakni materi kepemiluan, materi ke tata negaraan dan pengetahuan umum, “senang bisa ikut dalam bagian pesta demokrasi tahun ini”, jelasnya. (Danu)

 

Tinggalkan Balasan