Sidak Pasar Takjil, Dinkes Kota Blitar Temukan Makanan Mengandung Borax

Blitar – Dinas Kesehatan Kota Blitar, senin sore (22/05/2018) menggelar sidak jajanan dan minuman yang dijual di pasar takjil di Jalan A Yani Kota Blitar. Hasilnya petugas menemukan beberapa jajanan dan minuman mengandung zat berbahaya yang di jual kepada masyarakat.

Petugas mengambil beberapa sampel jajanan dan minuman yang dijual di lokasi tersebut, selain mengambil sample petugas juga mendata masing-masing pedagang.

Setelah mengambil sample selanjutnya petugas langsung melakukan pengecekan uji laboraturium yang sudah di siapkan oleh petugas di lokasi pasar takjil tersebut. Sebanyak 20 sample makanan serta minuman takjil di periksa kandunganya.

“Petugas menemukan beberapa makanan mengandung zat berbahaya, seperti boraks dalam jajanan jenis krupuk serta cendol dan cincau yang mengandung rhodamin, ada juga sayuran yang mengandung zat formalin di temukan di pasar takjil ini,” Jelas dr. Dharma Setiawan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Petugas menghimbau kepada masyarakat, selain sebagai pengawet ternyata formalin juga dapat mempertajam warna sayuran. Sayuran yang diberi formalin bisa berwarna lebih hijau.

Oleh karena itu, masyarakat agar lebih hati-hati memilih jajanan yang dijual di pasar takjil. (Moch.Asrofi)

 

 

Tinggalkan Balasan