Sidak Mamin di Nganjuk, BPOM Temukan Makanan Mengandung Zat Pewarna Pakaian

NganjukBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) provinsi Jawa Timur, bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pedagang makanan siap saji untuk berbuka puasa.

Tim menyisir para pedagang makanan diseputaran alun-alun, tepatnya Jalan Pramuka, Kota Nganjuk. Satu persatu dagangan dibeli, guna dilakukan tes, dari 48 sample yang dilakukan tes, ada salah satu makanan jenis kerupuk yang menggunakan zat pewarna pakaian.

Kabid Pengujian dan Bahan Berbahaya BPOM Jatim, Edi Kusumastuti, mengatakan, zat pewarna makanan apabila dikonsumsi terus menerus mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh manusia.

“Diharpakan para penjual, untuk membeli bahan pangan sesuai dengan pertunjuk yang ada. Karena bahan-bahan tersebut sudah ada di toko bahan makanan,” jelas Edi Kusumastuti.

BPOM hanya memberikan peringatan kepada para pedagang, yang dinilai menjual makanan yang membahayakan agar tidak di jual. BPOM berpesan kepada masyarakat agar berhati hati dalam membeli makanan,lebih teliti,dan lebih selektif. (Syarwani)

Tinggalkan Balasan