Siap Menghadapi Bencana, BPBD Ponorogo Kukuhkan Desa Tangguh Bencana

Ponorogo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah, melakukan pengukuhan desa tangguh bencana . Hal ini agar kesiapan masyarakat di dalam menghadapi bencana alam di daerahnya menjadi terwujud.

Sebelumnya BPBD Ponorogo sudah melakukan sosialisasi hingga simulasi, kepada masyarakat di wilayah titik-titik rawan bencana alam. Dimana masyarakat menjadi tahu dan mengerti, akan bagaimana mengantisipasi, dan kesiapan jika sewaktu- waktu terjadi bencana.

Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno, juga melakukan penandatangan, serta pengukuhan beberapa desa tangguh bencana. Selain memberikan juga pengarahan, akan pentingnya pengetahuan dan berbagai informasi bencana alam kepada masyarakat. “Mengatasi bencana alam bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah daerah , namun juga harus dibarengi dengan peran serta masyarakat sehingga resiko dampak bencana bisa diminimalisir,” kata Sudjarno.

Bencana alam, memang sering terjadi di Kabupaten Ponorogo. Terlebih pada saat musim penghujan, masyarakat harus siap dan mampu mengantisipasi menghadapi bencana alam. (Heru)

Tinggalkan Balasan