Siang Bolong, Gilingan Tebu Tradisional di Sumbergempol Terbakar

Tulungagung – Musibah kebakaran menimpa tempat penggilingan tebu tradisional milik pasutri Edi Susanto dan Endrik Anggraini warga desa Mirigambarkecamatan SumbergempoL, selas (01/01/2018). Terbakarnya gudang penyimpanan ampas tebu kering  sempat membuat panik warga sekitar.

“Api pertama kali diketahui berasal dari tumpukan ampas tebu di bagian bawah,” jelas Endrik Anggraini pemilik penggilingan tebu.

Banyaknya ampas tebu kering dtambah cuaca panas serta tiupan angin kencang, membuat api dengan cepat membesar dan membakar bangunan gudang yang berisi ampas tebu kering.

Warga berusaha melokalisir api dengan pompa iar agar tidak merembet ke rumah warga di sekitar lokasi kebakaran. Namun suplai air yang tidak sebanding dengan besarnya api membuat api sempat merembet ke bangunan dapur milik warga.

“saya sudah berusaha mencari ember dan pompa air, tapi airnya kurang,”tambahnya.

Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian, setelah tiga unit Mobil Pemadam Kebakaran Satpol PP Tulungagung diterjunkan ke lokasi.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini, dugaan sementara sumber api berasal dari cerobong asap penggilingan atau puntung rokok yang terjatuh.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini namun kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini ditafsir mencapai belasan juta rupiah. (Danu)

Tinggalkan Balasan