Sepuluh Pelaku Kejahatan Kriminal Ditangkap Polisi Ponoro

Ponorogo – Sepuluh pelaku begal dan pencurian spesialis sepeda motor lintas kabupaten, berhasil ditangkap petugas kepolisian Polres Ponorogo. Mereka ditangkap di sebuah tempat persembunyiannya, di kawasan Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, Jawa Tengah.

Polisi terpaksa melumpuhkan para pelaku menggunakan timah panas, karena para pelaku berusaha melawan petugas menggunakan sejumlah senjata tajam.

Kompol Muhammad Roni Mustofa, Wakapolres Ponorogo, menjelaskan, dalam melancarkan aksinya para pelaku tergolong lihai dan cantik. Sebab usai mencuri motor, barang curian langsung dimasukan kedalam mobil yang sudah dipersiapkan pelaku lain untuk mengganti plat nomor dan helm.

“Baru setelah plat nomor diganti, motor dikeluarkan dan dikemudikan oleh pelaku lain yang sudah bersiap didalam mobil,” jelas Kompol Muhammad Roni Mustofa.

Untuk mencuri 1 unit sepeda motor, para pelaku hanya membutuhkan waktu 3 detik. Selain menggunakan kunci leter t, pelaku juga membawa kunci magnet yang sudah dimodifikasi. “Tak jarang pula, pelaku nekat melukai korbannya jika aksi pencurian keburu ketahuan,” imbuhnya.

Hasil pemeriksaan polisi, 10 pelaku yang tertangkap ini merupakan jaringan asal Pasuruan. Sebelum melakukan aksi, mereka selalu membuat skema dan peta untuk melancarkan aksinya.

Sampai hari ini, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku. Apalagi dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, di Ponorogo tercatat ada sekitar 65 kasus curanmor. (Heru)

Tinggalkan Balasan