Sensasi Rasa Durian Bakar Jombang

Jombang – Menu durian bakar menjadi menu andalan di warung yang ada di Desa Mojounggul Kecamatan Bareng, Jombang. Durian yang di bakar hingga gosong ini menjadi menu yang di buru penikmat durian.

Rasa  bakaran arang menjadi alasan penyuka durian mendapatkan rasa berbeda dari buah yang memiliki bau khas tersebut. Tidak heran jika peminta durian bakar ini terus berdatangan ke warung tersebut.

Samiaji penjual durian bakar mengakui ia melakukan uji coba, sejumlah pembeli beralasan durian bakar ini mampu mengurangi bahan alkohol dalam durian. sekaligus mengurangi bau menyengat. “Durian Bakar sehingga cocok  juga bagi warga bukan penyuka durian” jelasnya.

Rasa khas buah durian bakar tentu dilakukan  dengan membutuhkan waktu yang lama. Kulit durian tebal dan keras harus di bolak balik  diatas tungku arang di berbara api. “Setelah durian hampir masak, daun salam dan daun pandan disiapkan untuk menambah aroma. Tujuannya untuk mengurangi ketajaman aroma durian, juga menghilangkan kadar alkohol dalam daging durian, jelasnya.

Isna salah satu penggemar durian mengaku , buah durian yang dibakar  memuncukan rasa sensasi tersendiri. “Dengan penyajiannya berbeda, pembeli bisa membelahnya sendiri dan menikmati buah durian hangat dengan aroma khas pembakaran” ujarnya.

Durian bakar saat ini diburu penggemar dari berbagai daerah. Untuk harga cukup terjangkau  durian bakar utuh mulai 25 ribu hingga 60 ribu rupiah perbuah. (Saiful)

 

Tinggalkan Balasan