Selain Ngaji, Santri di Ponpes At-Tadzhib Jombang Belajar Berwirausaha Budidaya Ikan

Jombang – Untuk membekali para santrinya berwirausaha, sebuah pondok pesantren At-Tadzhib, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro Jombang  mengajarkan para santri beternak ikan. Tujuannya agar setelah keluar dari pesantren, para santri dapat mengamalkan ilmunya, dan tidak bingung mencari pekerjaan.

Salah satunya dengan beternak ikan bawal. Di kolam milik pesantren inilah, para santri belajar tentang ilmu bagaimana beternak ikan. Mulai dari pemilahan, yakni dengan memilih induk-induk ikan yang sudah benar-benar matang. Lalu proses perkawinan antara si pejantan dan si betina.

Muhammad Ali Mursyid salah satu santri mengatakan, selain belajar ilmu agama dirinya senang bisa belajar ilmu beternak ikan. Harapannya bisa diterapkan langsung dengan wirausahanya setelah lulus nanti.

Sementara itu KH Ahmad Masruh pengasuh pesantren mengatakan, disini semua santri wajib belajar ilmu agama. Namun pihak pesantren juga memberikan bekal ilmu berwirausaha yaitu pembenihan ikan  bawal.  “Pertimbangganya ikan bawal  merupakan ikan yang paling mudah dipelihara dibanding ikan yang lain. Karena mampu bertahan dalam kondisi apapun,” kata KH Ahmad Masruh.

Dengan memberikan ilmu beternak ikan, para santri diharapkan bisa mandiri saat keluar dari pesantren. Sehingga tidak kebingungan mencari pekerjaan sambil mengamalkan ilmu agamanya. (Saiful)

Tinggalkan Balasan