Sekolah Pinggiran, SMP Negeri 3 Nglegok Torehkan Segudang Prestasi

Blitar – Mungkin sebagian besar siswa SMP memilih tempat sekolah atau menuntut ilmu di tempat keren dan berkelas. Pemikiran mereka adalah sekolah yang terkenal unggul mejadi pusat perhatian siswa SMP. Bergengsi dan biasanya letaknya di kota. Namun, jangan selalu berfikir bahwa sekolah yang unggul dan berprestasi hanya berada di tempat keramian kota.

SMPN 3 Nglegok terkenal dengan daerah terisolasi, lokasinya 15 km dari kota Blitar dan dekat dengan wisata teletubbies serta gunung kelud. Meskipun daerah terisolir, namun siapa sangka sekolahan yang di nahkodai oleh Sudarsono, S.Pd ini memiliki prestasi yang luar biasa hebat. Salah satunya di bidang olahraga.

Berbagai kejuaran telah di raih, diantaranya juara 3 yang di raih oleh Dian siswa kelas 9 lomba GeForce 2018 tingkat Jawa Timur untuk mewakili Blitar dan lomba O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Indonesia) tingkat Jawa Timur. Tidak hanya itu, tingat kecamatan juga sering mendapatkan prestasi seperti lomba volley, gerak jalan dan PBB.

Sudarsono, S.Pd kepala SMP Negeri 3 Nglegok ini mengatakan, meskipun terpencil harus bisa maju dan bisa bersaing dengan sekolah yang ada di kota. Usaha para guru terus dilakukan untuk kemajuan daya saing dan perilaku siswa agar lebih baik dan ini merupakan tanggung jawab besar yang di emban oleh seorang guru.” Kami bekerja keras bersama sama meningkatkan soft skill para pendidik, agar mutu dan kualitas pendidikan meningkat”.Kata Sudarsono.

Adapun jumlah siswa yang ada di SMPN 3 Nglegok yakni 425 siswa dari kelas 7 sampai 9. Jumlah yang lumayan untuk daerah isolasi. Sekolah yang memiliki visi beriman, berprestasi, berbudaya dan cinta lingkungan ini setidaknya memiliki program unggulan untuk semua siswa yakni membatik.

“Disini memiliki program batik, dimana dilakukan keterampilan batik oleh semua siswa. Batik bisa di kembangkan di rumah namun batik itu rencana akan digunakan untuk seragam anak-anak itu sendiri untuk kelas 7 berikutnya. “ Tutur kepala sekolah, kamis (8/11/2018).

Selain siswanya yang berprestasi, SMPN 3 Nglegok memiliki 5 guru profesional yang 3 di promosikan untuk menjadi kepala sekolah dan yang 2 untuk pengawas. Hal itu merupakan kerja keras yang luar biasa dari seorang guru dan inilah yang perlu di apresiasi bahwa meskipun mengajar di daerah terpencil semangat serta kerja keras mereka untuk SMPN 3 Nglegok lebih maju.

“Harapan kami tidak hanya pada siswa, tetapi juga kami menghimbau kepada wali murid siswa agar anak tetap melanjutkan bersekolah dan mengikuti program pemerintah yakni 9 tahun. Pesan kami untuk siswa selalu semangat dan teruslah berprestasi baik akademik maupun non akademik, untuk para guru jangan-bosan-bosannya untuk memberikkan siswa ilmu dan mengembangkan keahlian mereka menjadi prestasi.” Pungkas Sudarsono dengan nada semangat.

Sementara itu, Wakil Bupati Blitar Marhaenis U. W. Mengapresiasi kinerja kepala sekolah dan para guru SMPN 3 Nglegok yang brkerja keras untuk mamajukan dunia pendidikan di sekolahnya dengan banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh anak didik. “. Kami bangga meski sekolah letaknya pinggiran, buktinya mampu bersaing dengan sekolah di kota. Kami berharap prestasi yang telah diraih untuk dipertahankan dan terus ditingkatkan.” Tutur Marhaenis. U. W. (Ervin)

Tinggalkan Balasan