Sekolah favorit “ Ya SMAN 1 Srengat” Setahun Torehkan Puluhan Presatasi

Blitar – Bersekolah tentu tidak hanya melulu belajar soal akademik maupun non-akademis, tapi sebenarnya sekolah juga adalah tempat penanaman karakter dan nilai moral yang baik bagi generasi penerus bangsa. Sekolah yang berhasil adalah mampu mencetak genarasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing. Hal ini tentu banyak kaitannya dari berbagai pihak yakni guru, wali murid, pemerintah, masyarakat dan siswa itu sendiri. Sekolah yang berkualitas akan menjadi daya dorong siswa untuk terus berprestasi.

Contohnya sekolah SMAN 1 Srengat, yang terletak di Jalan Raya Bagelenan, Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. SMA Negeri 1 Srengat dikenal dengan julukan SMANGAT, merupakan sekolah favorit tempat menimba ilmu paling di gemari di kabupaten Blitar.

Letaknya 10 km dari kota Blitar dan merupakan gudangnya prestasi. Sudah tidak dapat di hitung lagi berbagai macam kejuaraan telah di raih baik akademik maupun non akademik mulai tingkat kabupaten hingga tingkat nasional.
Dalam tahun 2018 saja SMAN 1 Srengat telah menorehkan 30 lebih kejuaraan dari tingkat kabupaten hingga nasional. Tingkat kabupaten diantaranya juara 1 OSN mata pelajaran kimia dan Geografi, juara 2 OSN mata pelajaran matematika, ekonomi dan biologi. Kejuaraan olah raga meliputi 19 penghargaan salah satunya juara 1 O2SN bulu tangkis.

Jika mengungkap kejuaraan tingkat provinsi Jawa Timur, SMAN 1 Srengat merupakan andalannya dalam mendapatkan kejuaraan. Diantaranya juara umum penampilan teater terbaik SMA se Jawa Timur, juara 1 pidato bahasa Inggris, kemah karakter, kemah hijau, LCT agama Hindu, para laying, jui jitsu, dan pencak silat serta untuk juara 2 meliputi story telling dan LKTI. Tidak hanya itu, dalam tingkat nasional SMAN 1 Srengat masuk juara 3 karate PA dan juara 1 BMX PI.

Tidak heran jika SMAN 1 Srengat melahirkan sosok-sosok luar biasa setelah lulus dari sekolah tersebut salah satunya Anas Urbaningrum. Ada kekuataan luar biasa di dalam sekolahan tersebut, sehingga dapat di sandingkan dengan sekolah SMA di kota lain yakni program yang di jalankan dan fasilitas di dalamnya.

Kepala sekolah SMAN 1 Srengat Sumino, S.Pd., M.Pd menyampaikan ada banyak program dan kegiataan yang menunjang siswa untuk berkembang lebih maju dan berkualitas. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran, para guru mengadakan sosialisasi pengembangan sekolah melalui program One Month One Book. Program tersebut lebih mengarah ke minat baca untuk pelajaran maupun non pelajaran.

“Kami tidak hanya fokus pada perkembangan siswa, tapi para guru juga harus mampu mengikuti dan menjalankan perkembangan pendidikan. Sehingga para guru disini juga banyak melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi pendidik diantaranya melalui
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat kabupaten, In House Training (IHT) dan workshop.” Tutur Sumino, S.Pd., M.Pd.

Program lain seperti sekolah model dan kegiatan senam pagi menjadi bagian kegiatan yang berimbas pada kualitas sekolahan. Untuk itu keberadaan SMAN 1 Srengat hingga saat ini menjadi pusat harapan sebagian besar masyarakat, para wali murid dan siswa SMP di kabupaten Blitar.

“Saya selaku kepala sekolah sangat mengharapkan bahwa anak-anak terus berprestasi menyumbangkan prestasi-prestasi yang banyak untuk nama baik sekolah tercinta SMAN 1 Srengat , sehingga sekolah kita menjadi sekolah rujukan untuk masyarakat kabupaten Blitar dan sekitar wilayah Blitar.” Kata Sumino, S.Pd., M.Pd kepala sekolah SMAN 1 Srengat.

DR. Suhartono.M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Kota/Kabupaten Blitar, mengapresiasi kerja keras kepala sekolah dan para guru SMAN 1 Srengat dalam memperjuangkan anak didik berkualitas dan kerja keras tersebut harus terus ditingatkan”. Kami bangga dengan banyaknya prestasi anak didik SMAN 1 Srengat, kerja keras dan kerjasama berbagai pihak dalam mendukung kemajauan sekolah harus terus ditingkatkan “. Ujarnya. (Ervin).

Tinggalkan Balasan