Sekolah Favorit Pencetak Lulusan Siap Kerja ,Ya SMKN 1 Blitar

Blitar – Kebutuhan dalam bidang teknisi global menjadi bomerang pada sebagian orang. Hal ini tentu menjadi ke kahwatiran sebagian khalayak umum terutama pada lulusan sekolah menengah. Pada kenyataannya saat ini perusahaan mencari para ahli pada bidang tertentu untuk di perkerjakan.

Sebagai instansi pendidikan yang mencetak generasi yang siap bekerja, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali beberapa variasi keahlian sesuai kebutuhan industri global.
Salah satunya SMKN 1 Blitar yang terletak di Jl. Kenari No. 30 RT 02 RW 03 Kelurahan Plosokerep Kecamatan Sananwetan kota Blitar. Instansi yang mencetak teknisi luar biasa tersebut memiliki 10 variasi keahlian yang yang siap untuk bersaing di pasar global yakni dari Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektro Industri, Tekni Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio Vdeo, Teknik Pemesinan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Produksi dan Penyiaran Program TV dan terakhir Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio.

SMKN 1 Blitar memiliki keunggulan di bidang teknologi, sehingga tidak heran jika berbagai prestasi telah di raih baik tingkat provinsi maupun nasional hingga internasional ke Abu Dhabi. Sekolah yang memiliki 2.463 siswa tersebut tampak begitu megah dengan segudang prestasi yang terus di raih baik akademik maupun non akademik.

Diantaranya lomba kompetensi siswa tingkat Jawa Timur 2018 di Pasuruan mendapatkan juara 1 Elektrical Instalation, Cabinet Making dan CADD Mechanical Engineering, juara 2 Olimpiade Metrologi Tingkat Nasional, juara 1 tingkat nasional Mechanic’s Skill Competition R4, dan ada prestasi lain yang terus bergiliran mengikuti.

Drs. Sugiyadi, M.Pd selaku kepala sekolah SMKN 1 Blitar menyampaikan pihaknya terus berupaya mencetak generasi unggul yang memiliki nilai tawar bagi Industri dan masyarakat. Dunia Industri semakin berkembang dan terus melaju dengan cepat, dengan ini tuntutan untuk mengikuti perkembangan harus di upgrade dalam segala sisi.

“Kami sangat memperhatikan betul keahlian siswa disini sesuai bidangnya masing-masing, namun kami tidak hanya fokus di bidang akademik akan tetapi dari non akademik sendiri seperti seni dan olah raga mencapai prestasi yang gemilang. Untuk itu tidak hanya siswa yang menjadi tolak ukur keberhasilan sekolahan. Namun peran serta kemampuan pengetahuan guru disini juga terus di upgrade mengikuti perkembangan terkini global.” Tuturnya, rabu (14/11/2018).

Dengan mengeksplor kemampuan siswa dan guru untuk berprestasi dapat menghantarkan predikat teknisi yang berkualitas yang dapat di lirik industri global. Sehingga untuk mencapai tingkat perkembangan kemampuan siswa dan guru, fasilitas penunjang kejuruan sendiri menjadi pegangan dalam berperan besar. Untuk itu, SMKN 1 BlItar terus berupaya dalam memenuhi target yang tidak kalah dengan yang ada di kota-kota besar.

“90% harapan siswa disini memang bekerja dan 10% bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga angka harapan yang besar untuk dunia kerja para siswa sangat semangat sekali untuk berkarya, berprestasi dan terus mengembagkan kemampuannya dalam bidang akademik dan non akademik. dengan ini harapan saya semoga SMKN 1 BlItar terus unggul di tingkat provinsi, nasional hingga internasional.” Ungkapnya.

DR. Suhartono, M. Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kota / Kab. Blitar mengatakan SMKN 1 Blitar merupakan sekolah menengah kejuaran yang mengalami kemajuan pesat dan sudah banyak mencetak lulusan bekerja di sejumlah perusahaan dalam negeri .” Kami terus mendorong SMKN 1 Blitar untuk meningkatkan kualitas lulusan siap kerja yang mampu bersaing pada industri global sekarang ini “. Tuturya. (Ervin)

Tinggalkan Balasan