Sebelum Berangkat, Ratusan Calon Jamaah Haji Trenggalek Gelar Istigosah

Trenggalek – Sebelum diberangkatkan, ratusan calon jamaah haji asal Kabupaten Trenggalek Jawa Timur mengikuti istiqodsah di masjid Agung. Istiqodsah digelar dalam rangka pembekalan dan doa bersama sebelum calon jamaah haji menunaikan ibadah dengan harapan senantiasa diberikan keselamatan dan kemudahan di dalam melaksanakan ibadah haji pada Senin(23/7).

Berdasarkan data dipanitia, sebanyak 501 calon jemaah haji asal Kabupaten Trenggalek Jawa Timur siap di berangkatkan ke Tanah Suci yang rencananya diberangkatkan pada tanggal 2 sampai 3 Agustus 2018 dan akan terbagi menjadi dua kloter, yakni kloter 49-SUB dan kloter 52-SUB.

Calon Jamaah Haji tersebut berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek, mulai dari Kecamatan Watulimo sampai Bendungan.
Polres Trenggalek dalam hal ini Kapolresnya, AKBP Didit Bambang Wibowo S menuturkan jika pihaknya sudah menyiapkan tenaga pengamanan saat pemberangkatan jamaah haji ini termasuk pengawalan hingga asrama haji di Surabaya. “ Seperti biasa, saat pemberangkatan banyak masyarakat yang ikut serta mengantar hingga pendopo kabupaten. Sehingga diperlukan pola pengamanan yang efektif dan komprehensif,’’ ungkap AKBP Didit.

Untuk rombongan pengantar akan dikawal oleh unit patroli masing-masing Polsek. Sedangkan Satlantas mengawal hingga Surabaya.“Kita siapkan 140 personel termasuk pengawalan dan Pam jalur,” tambahnya.

Pengamanan pemberangkatan calon jemaah haji ini akan dimaksimalkan dengan melibatkan Polwan dijajaran guna membantu dan mengarahkan para jemaah haji sesampai ditempat tujuan.

Ditambahkan, pola pengamanan tetap mengacu tahun-tahun sebelumnya. Penambahan personel mungkin di area Pendopo dan jalur yang dilintasi. “Khusus Polwan kita tempatkan di Ring 1, agar bisa membantu para calon jamaah ketika memerlukan bantuan,” pungkas Kapolres Trenggalek. (Heru Gondrong)