Satu Meninggal dan Sembilan ASN Positif Covid-19, DPRD Blitar : Data Jangan di Tutup-tutupi


Blitar – Upaya pemerintah kabupaten Blitar dalam yang akan memberlakukan New Normal Life atau kehidupn baru masih dipertanyakan, pasalnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar seminggu terakhir terus bertambah, tanggal 29/06/2020 gugus tugas penanganan dan percepatan covid-19 Kabupaten Blitar bertambah enam sehingga warga positif terjangkit Covid-19 dan menjadi 31 orang.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib menyoroti kesiapan pemerintah serta gugus tugas dalam menyambut new normal life yang semestinya harus dilakukan. Hanya saja Pemerintah Daerah (PEMDA) harus gencar mengkampanyekan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.

“Gugus tugas dalam menangani kasus ini memang harus tetap semangat. Yang terpenting adalah mengkampanyekan bagaimana ini bisa dicegah. Tugasnya cukup berat, karena masih terjadi peningkatan jumlah kasus,” ujarnya.

Sosialisasi kewaspadan masyrakat terhadap virus tersebut dinilai sangat penting, Mujib juga tim gugus tidak menutup-nutupi data jumlah kasus yang ada, dengan transparansi data, warga akan tetap waspada menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah harus mempublikasikan masyarakat saling menjaga diri masing-masing.

“Data jangan ditutup-tutupi supaya masyarakat tetap waspada. Kalau data ditutup-tutupi masyarakat tidak waspada dan dianggap sudah tidak ada masalah. Maka harus tetap disampaikan secara transparan. Sambil mengkampanyekan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Dengan penerapan new normal, warga yang mengeluhkan dampak pembatasan oleh pemerintah berimbas merosotnya pada ekonomi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti menjelaskannya, hingga 29 Juni 2020 ada sembilan ASN yang dinyatakan positif Covid-19. Satu diantaranya meninggal dunia, empat lainnya dinyatakan sembuh, dan empat sisanya masih menjalani perawatan.

“Hasilnya, ada 89 ASN yang reaktif. Kemudian kita tindak lanjuti dengan swab test. Dari situ diketahui ada 9 ASN yang dinyatakan positif Covid-19,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan