Satlantas Polres Tulungagung Berinovasi Dengan Menggelar Pelatihan Uji Praktek SIM Gratis

Tulungagung – Banyaknya masyarakat yang gagal dalam ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM)  membuat puluhan masyarakat mendatangi kantor pelayanan SIM Satlantas Polres Tulungagung. Mereka datang bukan untuk melakukan pengurusan SIM, namun mereka datang untuk berlatih ujian praktek SIM.

Sebelum berlatih di jalur yang sudah ditentukan , mereka mendapat arahan dari petugas terlebih dahulu  terkait teknis dan trik untuk lulus ujian praktek tersebut.

Satu persatu mereka mulai mencoba jalur ujian praktek SIM, terdapat dua jenis jalur yang harus mereka lewati, yakni jalur zig zag dan jalur membentuk angka delapan.

Untuk bisa lulus ujian praktek mereka harus melewati jalur tersebut tanpa menyentuh pembatas. “meskipun sudah berulang kali mencoba, jalur tersebut tetap sulit untuk dilewati dengan lancar”. Ujar Bagus Prasetyoseorang pelajar yang ikut pelatihan.

Adanya latihan ini sangat membantu bagi para calon pemilik SIM, mereka bisa belajar trik dan cara untuk melewati jalur ini, sehingga lulus ujian praktek karena sudah beberapa kali gagal saat ujian praktek.

Sesuai peraturan mereka hanya dibatasi hingga tiga kali ujian praktek. “Jika gagal ketiganya maka harus mengurus persyaratan mulai awal lagi” tambah bagus.

 

Bripka Miftahurohman Baur Sim Satlantas Polres Tulungagung mengatakan, Ide awal latihan ujian praktek sim ini berawal dari banyaknya keluhan masyarakat, yang sering gagal dalam ujian. Mayoritas mereka mengatakan jalur yang digunakan untuk ujian sangat sulit, membuta mereka tidak lulus. “Dengan adanya latihan ini diharapkan masyarakat akan terbantu, dan bisa lulus ujian praktek sehingga mempunyai SIM” jelasnya.

SIM merupakan salah satu persyaratan yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor. Kartu tersebut harus dibawa , sebagai salah satu bukti mereka sudah layak dan mendapatkan izin  untuk mengendarai kendaraan. (Danu)

Tinggalkan Balasan