Santoso Resmi Dilantik Menjadi Walikota Blitar

Blitar – Santoso resmi menjabat Wali Kota Blitar secara definitif setelah dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/5).

Santoso menggantikan Samanhudi Anwar yang tersandung kasus suap dan pada Januari lalu telah divonis bersalah dengan hukuman lima tahun penjara. Sebelumnya Santoso mendampingi Samanhudi sebagai Wakil Wali Kota Blitar untuk periode 2016 – 2021.

“Saat ini saya kira semua situasi di daerah sama, yaitu terkena dampak COVID-19. Saya akan memaksimalkan tiga pilar untuk mengantisipasi perkembangan dampaknya,” ujar Santoso kepada wartawan, terkait prioritas yang akan dikerjakan usai dilantik sebagai Wali Kota Blitar.

Selanjutnya, Santoso akan menjabat Wali Kota Blitar selama sisa periode yang kurang sembilan bulan ke depan, yaitu hingga 17 Februari 2021.

Turut  mendampingi pengambilan sumpah, Sekretaris Daerah Kota Blitar Rudy Wijonarko, Asisten I  Hermansyah Permadi dan Asisten II Djatmiko Budi Santosa. Ada juga Kepala Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah Hakim Sisworo, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Damanhuri.

Tak ketinggalan pula Forkopimda mulai Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, ada juga perwakilan dari Kejaksaan Blitar hingga Dandim 0808 Blitar. Sementara dari DPRD Kota Blitar hadir Ketua DPRD dr Syahrul Alim dan wakilnya Yasin Hermanto.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan tidak perlu melantik Wakil Walikota, karena masa jabatannya kurang dari 18 bulan seperti yang tercantum regulasi atau aturan. (dan/ant/hms)

Tinggalkan Balasan