Santap Mkanan Hajatan, 35 Warga Wates Blitar Mengalami Keracunan

Blitar – 35 warga Dusun Sumberurip, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar mengalami keracunan. Dugaan sementara, keracunan massal tersebut disebabkan oleh nasi hajatan dari Sunarto (50), warga yang menggelar tasyakuran kehamilan anaknya.

Sutiyem (42), warga setempat menceritakan, sebelum mengalami keracunan suaminya menghadiri tasyakuran dan mendapatkan berkat yang berisikan nasi beserta lauk ayam lodho, sambel goreng tahu tempe, dan urap urap.

Setelh mengkonsusmsi pada harinya, suami Sutiyem baik-baik saja.  Namun saat pagi hari, mendadak suaminya mengalami keracunan. “Bukan hanya suami saya saja.  tetangga yang lain juga,” kata Sutiyem.

Lanjut Sutiyem, namun pagi harinya, warga yang hadir dalam tasyakuran tersebut mengaku mengalami pusing, mual dan diare.

“Pertama 6 orang mendapatkan perawatan di Puskesmas Wates, 1 orang di klinik Wates, 2 orang di RS Budi Mulyo Kesamben, 4 orang dirawat di klinik Tera Husada Desa Ngembul, Kecamatan Binangun, sementara 22 orang lainnya menjalani rawat jalan setelah diperiksa ke dokter.

Saat ini keracunan masal tersebut dalam penanganan Polres Blitar, petugas telah mengirim sample makanan yang diduga penyebab keracuanan warga ke laboratorium.

“Sample makanan sudah kami bawa dan akan kami kirim ke laboratorium dinas Kesehatan untuk diketahui penyebab keracunan dari makanan hajatan atau bukan, ” jelasnya Kapolres Blitar AKBP. Anisulloh M Ridho. (M. Asrofi)

 

 

 

Tinggalkan Balasan