RSUD dr Iskak Raih Penghargaan di United Nations Public Service Award 2018

Tulungagung – Catatan penghargaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung terus bertambah. Salah satunya dalam hal inovasi pelayanan publik. Yakni pada Inovasi Pelayanan Publik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Iskak Tulungagung.

Ada dua inovasi yang mendapat apresiasi membanggakan, dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Yakni Instalasi Gawat Darurat Modern (Instagram), dan Layanan Syndroma Koronaria Akut Terintegrasi (Laskar).

“Inovasi – inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional, agar segera menjadi program nasional,” kata Syafrudin dalam pemberian penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018, di Hotel Sangrila Surabaya.

Menurut Syafrudin, inovasi tersebut sejalan dengan kebijakan Kementerian PANRB yang terus berupaya mendorong terciptanya terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik. Kebijakan itu antara lain dengan membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Penghargaan yg diberikan kepada para inovator kali ini tujuannya adalah mengapresiasi inovasi yang bersifat lokal dan instansional untuk dijadikan program nasional. Terlebih sekarang, sudah banyak inovasi dari pemerintah pusat maupun daerah yang mendapat penghargaan internasional”. Jelasnya.

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto mengatakan, layanan Instagram milik RSUD dr Iskak telah menembus penghargaan Top 35 Nasional dan kerap diundang di forum internasional. Sementara program LASKAR yang ditujukan menekan kematian akibat serangan jantung juga tengah melaju ke jenjang Top 40 Nasional daftar inovasi terbaik.

Tak puas dengan dua inovasi ini. RSUD dr Iskak Tulungagung saat ini juga telah merampungkan sebuah teknologi panggilan darurat melalui aplikasi Android. Aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore ini memiliki kemampuan unik mengatasi situasi darurat apapun.

“Hanya dengan menekan tombol ini melalui ponsel, petugas akan dengan cepat mengidentifikasi kondisi darurat seseorang dan melakukan penanganan secara tepat. Tidak hanya darurat medis akan tetapi juga darurat non medis. Didukung program Public Safety Centre (PSC), tombol ini terintegrasi dengan Kepolisin, TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran, dan penanggulangan bencana daerah,” kata Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung.

Tinggalkan Balasan