RS Ngudi Waluyo Blitar Punya Mobil PCR, Tes Swab Hanya Butuh 1 Jam

Blitar – Hasil test swab Covid-19 kini hanya butuh waktu satu jam saja, setelah Rumah Sakit Umum Daerah Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar, mengoperasikan satu unit mobil, kamis (31/12/2020). Sebelumnya hasil test swab harus menunggu waktu hingga dua hingga lima hari.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS Ngudi Waluyo Gondo Suparno mengatakan, pada mobil PCR ini akan dikawal dua dokter dengan peralatan yang sangat cangih. Pasalnya jika ada pasien di lakukan swab test di mobil PCR ini. Hasilnya tak perlu nunggu lama cukup dengan satu jam hasil swab akan bisa di ketahui.

“Jadi setelah melakukan swab di PCR ini, pasien tidak perlu lama menunggu hasilnya,hanya membutuhkan satu jam sudah bisa di ketahui hasilnya.”jelasnya.

Dikatakan Gondo, dalam satu unit mobil PCR sudah dilengkapi dua mesin untuk pengambilan sampel. Satu mesin bisa mengambil 16 sampel, dan alat di dalam mobil PCR ini sudah canggih, sebab hasil tes bisa keluar hanya dalam waktu satu jam.

“Sangat cangih peralatan dalam mobil PCR ini. Salah satunya ada Biosafety Cabinet (BSC) dengan type A2, ditambah operasional inverter sehingga ketika operasional, mesin bisa dimatikan. Kemudian bisa langsung dihubungkan dengan listrik. Mengingat daya listrik membutuhkan besar, maka diperlukan tempat khusus juga,” jelasnya.

Kedepannya RS Ngudi Waluyo secara mekanisme akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang memiliki tugas untuk melakukan tracing. Dalam sehari, mobil PCR ini bisa mengambil 150 sampel. Sehingga dalam sehari, total sampel yang bisa diambil dari mobil PCR dan alat di RSUD bisa mencapai 500 sampel.

Tinggalkan Balasan