Ribuan KTP Elektronik di Kabupaten Kediri Dimusnahkan

Kediri – Ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dimusnahkan oleh Dispenduk Capil Kabupaten Kediri. Pemusanahan dilakukan karena KTP rusak atau invalid data. Mulai dari rusak fisik, invalid, perubahan status hingga pindah domisili antar daerah.

Ada 9.978 dimusnahkan dalam tong dan dibakar, ribuan KTP rusak ini merupakan hasil pengumpulan dari warga di masing-masing kecamatan. Sesuai aturan Kemendagri, KTP rusak harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan.

Menurut Plt Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri Noor Khayati, mengatakan, pemusnahan ini menindaklanjuti surat edaran dsri kemendagri, tentang penata usahan KTP elektronik rusak atau invalid.
“Bentuk kerusakan beragam, mulai dari perubahan status, rusak secara fisik, pindah domisili antar daerah hingga tidak bisa saat diinput data,” jelas Noor Khayati.

Sebelumnya, sederetan KTP invalid tersebut sudah tersortir per kecamatan. Dengan rincian ktp invalid pada tahun 2011 sampai 2013 sebanyak 3.924 biji, tahun 2014 sampai 2018 sebanyak 6.054 biji.

Sementara dalam pemusnahan tersebut disaksikan sejumlah pejabat, Satpol PP, serta Kesbang. (Rofi)

Tinggalkan Balasan