Ribuan Hektar Sawah di Tulungagung Terserang Hama

Tulungagung – Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, terus memantau perkembangan hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi di ribuan hektare sawah sejak sebulan terakhir.

“Serangan wereng kali ini nyaris merata sehingga perlu penanganan seksama dan antisipasi sejak dini oleh petani,” kata petugas Pemberantasan Organisme Penyakit Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung Pramudiono di Boyolangu, Tulungagung, Kamis.

Meskipun sulit di berantas, namun serangan hama seharusnya masih bisa diminimalkan, dengan melakukan penyemprotan obat antihama secara rutin, meski konsekuensinya ongkos produksi petani menjadi meningkat.

“Tidak ada cara lain karena hama sudah terlanjur menyebar merata,” katanya.

Saat ini para petani memilih untuk melakukan panen dini, meskiput tanaman padi yang mereka mengalami kerusakan parah. Biasanya karena petani terlambat melakukan langkah penyemprotan, sehingga hama terlanjur menyerang dan merusak batang padi.

Akibatnya, tanaman layu. Bulir padi tidak berbuah dengan baik atau kopong.

Untuk mencegah kerusakan dan kerugian lebih parah lagi itulah, saat ini dinas pertanian gencar melakukan pemantauan serta penyuluhan kepada petani guna melakukan tindakan terukur demi mencegah kian meluasnya area serangan hama. (Danu)

Tinggalkan Balasan