Puluhan Warga Gelar Upacara Grebek Pancasila Bineka Tunggalika di Candi Gayatri

Tulungagung – Masyarakat Kabupaten Tulungagung menggelar upacara grebek Bhineka Tunggal Ika di Candi Gayatri Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Selasa siang (20/11/2018).

Dalam Grebek Bhineka Tunggal Ika, mereka menggelar doa bersama di pelataran candi dan menaburkan bunga di atas arca wanita budha, yang diperkirakan merupakan perwujudan arca gayatri.

“Grebek bhineka tunggal ika ini digelar setiap tahun sekali, sebagai bentuk penghormatan atas segala jasa ratu gayatri,” jelas Sukriston Tokoh Masyarakat.

Lanjut Sukriston, Ratus Gayatri adalah nenek dari raja hayam wuruk ini dipercaya sebagai pencetus konsep bhineka tunggal ika, yang hingga saat ini digunakan sebagai semboyan negara ini.

“Melalui Grebek Bhineka Tunggal Ika ini diharapakan kerukukan dan kesatuan masyarakat, senantiasa akan terjaga, terutama memasuki musim politik tahun depan perpecahan antar masyarakat diharapakan bisa dihindari,” imbuhnya.

Candi Boyolangu atau yang akrab dengan sebutan Candi Gayatri, merpakan candi pendermaan. Abu jenazah Gayatri disemayamkan di candi ini tersebut, selain dikenal sebagai nenek dari raja hayam wuruk, Gayatri juga merupakan sosok perempuan yang cerdas/ pada zaman kerajaan Majapahit. (Danu)

Tinggalkan Balasan