Puluhan Pelajar Di Tulungagung, Ikuti Festival Dalang Wayang Kulit

Puluhan pelajar dari tingkat SD hingga tingkat atas, mengikuti festival dalang tingkat pelajar yang di gelar di balai budaya Tulungagung

Tulungagung – Sedikitnya dua puluh satu  pelajar dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat atas, di kabupaten Tulungagung mengikuti festival dalang tingkat pelajar yang di gelar di balai budaya Tulungagung yang terletak di jalan Kartini atau tepatnya di sebelah utara alun alun kabupaten Tulungagung.

Festival dalang pelajar yang di buka langsung oleh Pelaksana Jabatan Sementara (PJS) Bupati Tulungagung Dr Djarianto MSi ini, turut di hadiri sekretaris daerah kabupaten Tulungagung Indra Fauzi, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Tulungagung Suharno, serta  tamu undangan termasuk para pengamat seni.

Pembukaan ini di tandai dengan penyerahan tokoh wayang oleh pjs Bupati kepada seluruh dalang cilik yang mengikuti festival ini.

Dalam sambutanya Pjs Bupati meminta festival seperti ini, lebih sering di adakan, karena akan bisa mendidik para pelajar melalui pendidikan karakter sesuai dengan tokoh tokoh wayang yang di mainkan para dalang cilik ini, terutama tokoh yang berkarakter baik.

Pjs Bupati juga meminta Dinas Pendidikan selaku pembina dari para dalang cilik unik, mengadakan kegiatan seperti ini berkesinambungan, ” ya saya harapkan kegiatan ini berkesinambungan agar muncul bibit baru pedalangan dari kabupaten Tulungagung ” ungkap Djarianto.

Sementara kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Tulungagung Suharno, mengku akan melakukan pembinaan terus pada dalang cilik yang kesemuanya masih berstatus pelajar ini, salah satunya dengan lebih sering diadakan latihan bersama ataupun festival serupa.

Festival dalam cilik ini sudah keduanya di lakukan oleh dinas pendidikan dan kebudqyaan, setelah sebelumnya pada tahun 2017 lalu, bahkan salah satu alumni dari festival ini mampu mengharumkan nama Tulungagung di tingkat nasional di bidang perdalangan. Suharno berharap festival ini bisa mencetak dalang yang bertaraf nasional, “harapannya dari festival ini  bisa melahirkan dalang muda dari kabupaten Tulungagung yang bertaraf nasional” kata Suharno.

Salah satu peserta festival dalang pelajar, Ahmad Faza shidqul Aziz Yusuf yang masih duduk di bangku SD mengaku senang mengikuti festival ini, pasalnya selain menambah pengalaman juga bisa menyalurkan hobinya sejak kecil yaitu sebagai dalang wayang kulit. Ahmad Faza sendiri bercita cita ingin menjadi dalang yang terkenal di tingkat nasional. (Bondan)

 

Tinggalkan Balasan