Puluhan Caleg Dicoret KPU Kabupaten Kediri

Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, dalam proses verifikasi akhirnya mencoret 57 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari berbagai partai politik. Hingga batas akhir waktu perbaikan, ke-57 Bacaleg tersebut tidak melakukan perbaikan.

Dengan 57 bacaleg yang TMS, maka total bacaleg di Kabupaten Kediri yang akan memperebutkan 50 kursi DPRD setempat tinggal 578 orang. Selain mencoret puluhan bakal calon legislatif, KPU Kabupaten Kediri, juga menindak partai Perindo di dapil tiga.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Hamdan Arfarina, mengatakan, alasan penindakan itu karena ada salah satu caleg perempuan yang tidak memenuhi syarat, sehingga batas kuota perempuan belum terpenuhi.

Akhirnya 5 bacaleg lain dari partai Perindo dianggap hangus khusus untuk dapil Kepung, Puncu dan Kandangan. “Kita masih berkoordinasi dengan parpol-parpol, terkait keputusan tidak memenuhi syarat tersebut,” kata Hamdan Arfarina.

Sementara itu, Heri Purnawirawan, ketua perindo, mengaku akan segera berkoordinasi dengan Panwaslu terkait pencoretan semua caleg di dapil tiga. Pihaknya mengaku dalam waktu dekat akan menghadap ke Panwaslu.

Seperti diberitakan selumnya, KPU mencoret 57 bacaleg ditambah 5 yang ikut serta dicoret, karena tidak memenuhi kuota perempuan. (Rofi)

Tinggalkan Balasan