Potensi Ganguan Rendah, Terjunkan Ribuan Personil Keamanan Di Pilkades Tulungagung

Tulungagung, Jtvmataraman.com, Ribuan pasukan akan diterjunkan untuk mengamankan jalanya Pilkades Tulungagung, yang digelar besok (30/11). Hingga kini potensi gangguan Pilkades Tulungagung masih dalam kategori rendah.

Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto mengatakan, pada hari ini (29/11) ada sekitar 1.301 personil keamanan yang diterjunkan dalam penyelenggaran Pilkades Tulungagung 2021. Ribuan personil keamaan akan diterjunkan pada setiap TPS di 14 desa yang menyelenggaran Pilkades.

“Selain itu kami juga melakukan pengecekan kesiapan personil termasuk sarana prasarana yang digunakan dalam pengamanan Pilkades,” tuturnya.

Untuk personil keamanan akan menggunakan strategi 212 yakni; dua dari kepolisian; satu dari TNI; dan dua dari Linmas. Jika besok dalam pelaksanaan Pilkades terjadi perubahan situasi di lapangan, tentu pihaknya akan menambah jumlah personil di lapangan.

“Mengantisipasi adanya serangan fajar, malam ini personil keamanan diterjunkan,” terangnya.

Disinggung apakah ada wilayah yang menjadi atensi khusus, Handono mengungkapkan bahwa hingga kini potensi terjadi gangguan masih rendah. Maka dari itu pihaknya akan tetap melihat kondisi di lapangan.

“Belum ada wilayah yang menjadi atensi khusus, karena masih potensi gangguan rendah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono menambahkan bahwa saat ini persiapan Pilkades di 14 desa sudah capai 90 persen.

“Terkait logistik Pilkades sudah disiapkan oleh panitia desa. Semoga besok Pilkades bisa terselanggara dengan lancar dan tidak ada permasalahan,” pungkasnya. (ham)