Potensi Dan Keunggulan Desa Kendalrejo Blitar Dengan Keanekaragaman

Blitar – Bercerita mengenai desa Kendalrejo, kecamatan Talun Yang ada di kabupaten Blitar , tidak akan ada habisnya. Pasalnya desa ini memiliki potensi desa yang luar biasa. Diantaranya potensi wisata yang paling terkenal di Blitar yakni pacuan kuda, produk unggulan, hasil pertanian yang terbilang sukses, kerajinan, olahan makanan dan beberapa potensi lainnya.Wisata pacuan kuda yang ada di Kendalrejo ini tidak hanya menjadi pusat lomba pacuan kuda akan tetapi merupakan visi misi penggerak edukasi anak-anak seperti bagaimana merawat kuda dan cara melatih kuda yang baik serta penunjang finansial bagi masyarakat ke depan.

Hal ini berkaitan dengan event-event pacuan kuda, yang kerap kali digelar oleh pordasi baik regional maupun nasional sehingga masyarakat sekitar akan mendapatkan keuntungan dalam sektor ekonomi, beberapa diantaranya penyewaan kandang dan dagang makanan minuman di sekitar wisata. Tak kalah menarik, usaha mikro kecil di Kendalrejo perlu diperhitungkan dalam kancah nasional karena memiliki pusat souvenir dalam tingkat nasional, banyak di ekspor ke luar jawa dan bahkan ke Ke Singapura, semua itu tergantung permintaan konsumen.

Bahkan produk unggulan juga ada, yakni kripik tempe yang terjual sampai ke bali.Tidak hanya mengenai potensi desa, ternyata desa Kendalrejo ini memiliki jumlah penduduk paling banyak dan merupakan wilayah paling luas di kecamatan Talun,Blitar.

Desa yang memiliki 4 dusun ini memiliki toleransi tinggi antar umat beragama, sehingga tidak heran jika datang ke desa ini akan menemui banyak pura sebagai tempat beribadah bagi yang beragama hindu dan beberapa masjid. setiap tahun banyak sekali upacara keagamaan tingkat kabupaten, ada kunjungan dari wisatawan luar pulau salah satunya dari pulau bali, bahkan menteri pariwisata juga pernah kesini.

Sebagai prestasi yang menakjubkan, Kendalrejo masuk seratus besar desa terbaik dari kementerian desa. Mulai dari manajemen penataan, pengelolaan keuangan sampai pelayanan, tingkat pembangunan dan sarana prasarana yang baik membawa nama desa Kendalrejo ke tingkat kabupaten nomer 53 dan nomer 3 se kecamatan Talun.Mahfud Efendi kepala Desa Kendalrejo mengatakan kekompakan dari warga masyarakat dan juga pemangku kepentingan wilayah ini benar-benar ingin memajukan desa ini supaya bisa lebih maju dan masyarakatnya bisa lebih sejahtera , mandiri dan juga bermartabat.

“Tahun 2019 kita sudah melakukan perencanaan termasuki menyiapkan untuk bumdes desa yang mana juga akan kita kerjakan atau kita laksanakan di tahun anggran 2019. Termasuk di bidang sektor olah raga. Kita saat ini sudah melakukan penataan , vitalisasi lapangan olah raga” Kata Mahfud Efendi dalam wawancaranya , kamis (13/9/2018).

Mengenal lebih jauh lagi, jika biasanya di posyandu di desa hanya untuk anak balita. Berbeda lagi dengan desa Kendalrejo, di desa ini terdapat kegiatan rutin untuk posyandu lansia dan posyandu jiwa. Posyandu jiawa ini bagi mereka yang berkebutuhan kusus ”Harapan ke depan dari pemerintah desa Kendalrejo disamping masyarakatnya maju sejahtera dan mempunyai daya saing dan juga ada harapan pemerintah desa kepada pemerintah daerah kabupaten maupun provinsi, supaya program-program yang nanti akan dilaksanakan bisa hadir atau di realisasikan di pemerintah desa Kendalrejo.

Jadi kalau tidak di support pendanan ya kami mengandalkan dana dari desa tidak cukup karena tidak sama dengan desa yang lain dan mudah-mudahan dengan adanya prestasi termasuk ke dalam 100 besar nasional itu ada perhatian khusus dari pemerintah terutama di bidang kesehatan, kami beharap selama ini untuk penunjang termasuk mobil kita mengangkut warga yang ke posyandu, untuk sementara ini masih pakai mobil pribadi.

Jadi harapannya ada mobil siaga, desa kendalrejo ini akan mendapatkan fasinilatas yang baik. karena ini benar-benar dibutuhkan dan sangat-sangat langsung di rasakan manfaatnya oleh semua masyarakat”. Tutur kepala desa Kendarejo Mhafud Efendi. (Ervin)

Tinggalkan Balasan