Pondok Pesantren Di Jombang Ajarkan Santri Budidaya Bawal

Jombang – Belajar di dalam pesantren para santri tentu saja akan belajar berbagai macam ilmu agama khas ala pesantren terutama adalah pengajian kitab kuning. Inilah yang membedakan pendidikan di pesantren dengan pendidikan di lembaga lain.

Begitu juga yang dilakukan di Pondok Pesantren At Tahdzib Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Jombang. Selain mengajarkan ilmu agama, pondok pesantren ini juga membekali para santrinya berwirausaha beternak ikan bawal. Hal tersebut dilakukan pihak pesantren agar setelah keluar dari pesantren para santri dapat mengamalkan ilmunya dan tidak bingung mencari pekerjaan. “Tujuan utamanya  mendidik santri agar para santi pulang ke rumah membawa ilmu agama, sekolah, tapi juga membawa ilmu  pemijahan bawal.” ujar KH. Ahmad Masruh, pengasuh pondok pesantren.

Pertimbangganya memilih ikan bawal  karena ikan bawal merupakan ikan yang paling mudah dipelihara dibanding ikan yang lain, karena mampu bertahan dalam kondisi apapun. Di kolam milik pesantren para santri diajari tentang ilmu tentang bagaimana beternak ikan bawal.  Mulai dari pemijahan yakni dengan memilih induk-induk ikan yang sudah benar-benar matang lalu proses perkawinan antara si pejantan dan si betina.

Kegiatan belajar budidaya ikan bawal inipun juga mendapat antusias dari para santri. Aktivitas  ini juga untuk mengisi kegiatan di bulan ramadhan. (Saiful)