Polres Trenggalek Musnahan Puluhan Balon Udara

Trenggalek – Dengan banyaknya potensi kejadian yang merugikan masyarakat akibat balon udara yang marak diterbangkan pada Hari Raya Idul Fitri 1439H. Polres Trenggalek secara aktif lakukan sosialisasi terkait bahaya balon udara.

Dari hasil operasi diwilayah hukumnya, Polres Trenggalek telah berhasil mengamankan puluhan balon udara dengan berbagai ukuran. Dipimpin langsung oleh WakaPolres Trenggalek Kompol Agung Setyono, sabtu (23/6/2018) dilakukan pemusnahan barang bukti balon udara tersebut.

“Balon udara yang diterbangkan tersebut sangat berbahaya, karena sumbunya bisa mengakibatkan kebakaran dan mengganggu aliran listrik jika mengenai jaringan,” ucap Wakapolres yang juga atlit kempo tersebut.

Kejadian terakhir diwilkum Trenggalek, adalah kebakaran hutan disisi atas Gunung Jaas dan pemadaman listrik didaerah Kecamatan Durenan lanjut Wakapolres. “Selain membahayakan masyarakat, juga ada undang-undang terkait pelarangan penerbangan balon udara tersebut. Sanksi pidananya juga berat, yaitu pidana kurungan 1 tahun dan denda 3 miliyar rupiah,” imbuhnya.

Balon udara yang diamankan polisi itu ada yang mencapai 10 meter dengan tinggi 15 meter. “Balon- balon itu bukan hanya dari seputaran Trenggalek saja, tapi ada juga yang kiriman dari daerah lain, itu bisa dilihat dari kertas yang disertakan pada balon,” pungkas Agung sebelum melakukan pemusnahan barang bukti balon hasil sitaan. (Heru Gondrong)

Tinggalkan Balasan