Petugas Gabungan Lakukan Pemeriksaan Sopir dan Angkutan Umum

Jombang – Petugas gabungan di Kabupaten Jombang, melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran 2018. Pemeriksaan ini dilakukan mulai dari kondisi kendaraan, hingga kesehatan sang sopir.
Bus harapan jaya jurusan Surabaya Tulungagung yang sudah dihentikan di Terminal Kepuhsari Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan Jombang, langsung ditindak tegas. Petugas memaksa awak bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) ini, untuk mengganti ban yang bisa membahayakan pemudik selama lebaran tahun 2018 ini.

Aksi yang dilakukan petugas ini, tidak lain untuk memberikan keamanan dan keselamatan penumpang bus, yang sedang melakukan perjalanan mudik. Selain memeriksa kelayakan,petugas juga memeriksa kelengkapan dokumen seluruh sopir.

Imam Sujianto,Kadis Perhubungan Jombang mengatakan, ban yang dipaksa diganti ini karena ukuran kedalamannya kurang dari satu mili. Sehingga jika digunakan akan membayakan penumpangnya.

“Tindakan petugas ini, dilakukan untuk mencegah terjadinya laka lantas selama mudik lebaran,” tegas Imam Sujianto.

Selain memeriksa kondisi angkutan, petugas juga pemeriksaan kesehatan seluruh sopir yang masuk terminal. Termasuk tes urine untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas angkutan lebaran, akibat penyalahgunaan narkoba.

Termasuk sopir bus yang sakit namun tetap mengemudi. Selama mudik lebaran ini, petugas menghimbau sopir bus berhati-hati dan tidak ugal-ugal di jalan raya. (Danu)

Tinggalkan Balasan