Perum Jasa Tirta Resmikan PLTM Lodagung Sutojayan

 

Blitar – Perum Jasa Tirta akhirnya dapat mewujudkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) di Kabupaten Blitar, untuk penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.

PLTM Lodagung telah dibangun dengan memanfaatkan air irigasi yang mengalir melalui saluran Irigasi lodagung dari Bendungan Wlingi Kabupaten Blitar. Selama ini air tersebut di gunakan untuk mengairi pertanian rakyat seluas kurang lebih 12 ribu hektar baik di wilayah Blitar dan Tulungaggung.

Raymond Valiant Ruritan, Direktur Utama Perum Jasa Tirta 1 menhgtakan, ide pembangunan PLTM ini di awali dari adannya ketersediaan air irigasi yang sepanjang tahun mengalami debit antara 8 hingga 14 meter kubik per detik. “dari penelitian dan desain yang telah dilakukan sejak 2013 lalu” jelasnya.

Air dari waduk Wlingi di hisap oleh peralatan canggih melalui pipa penstok guna memutar turbin dan generator listrik. Selanjutnya energi listrik tersebut di salurkan ke jaringan 20 kilo volt milik PT. PLN melalui penyulang Wonotirto dan Kademangan untuk menambah suplai listrik di masyarakat Blitar dan sekitarnya.(Moch. Asrofi).

 

 

Tinggalkan Balasan