Peringati Tahun Baru Islam Ribuan Warga Kebonagung Ikuti Pawai Ta’aruf

Blitar – Pemerintah desa Kebonagung kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar memiliki cara fun untuk memotivasi warganya, salah satunya dengan acara pawai dalam rangka menyambut Muharam tahun baru Islam 1440 hijriyah yang di gelar tadi siang, minggu (14/10/2018). Warga berkesempatan menampilkan karya-karya terbaiknya untuk dipertunjukkan kepada seluruh penonton yang datang.

Biasanya karnaval atau pawai di penuhi dengan seni dan pakaian adat, namun Karnaval Kebonagung ini berbeda dari karnaval pada umumnya. selain lebih fun karnaval ini dipenuhi dengan penampilan yang bermanfaat bagi peserta dan juga penonton misalkan saja penampilan produk unggulan, hasil pertanian, peternakan, pembangunan serta budaya.

Sehingga hal ini memacu semangat serta antusias peserta untuk menampilkan karya-karya terbaiknya. Peserta berasal dari warga Kebonagung sendiri yang diikuti 23 RT dan RW serta 2 dari lembaga pendidikan yakni MI dan sekolah Diniyah. Meriahnya karnaval bukan hanya dari peserta akan tetapi dari membludaknya penonton yang hampir memenuhi jalanan sepanjang rute karnaval.

Salah satunya Sri Indarti warga Blitar yang mengaku rela kepanasan hanya untuk menonton karnaval tersebut. “Kesini dengan suami dan teman. Saya pengagum karnaval, pernah melihat juga karnaval di daerah Ponggok, Kediri dan kemarin di Batu aji. Selama saya libur kerja, saya selalu mengikuti acara karnaval. Disini selain yang dikeluarkan unik-unik, bermanfaat dan juga banyak hiburan. Semuanya asyik.” Ungkapnya.

Karnaval tersebut merupakan rangkaian akhir yang diadakan warga Kebonagung, sebelumnya ada acara bazar yang di dalamnya ada berbagai lomba yang diikuti seluruh warga Kebonagung yakni rompa, pancau dan lomba mewarnai dari PAUD. Jadi keseluruhan kegiatan ini memacu warga masyarakat Kebonagung untuk lebih meningkatkan kesejahteraannya .

Kepala desa Kebonagung Zaenal Ali Mustofa menyampaikan jika antusias warga yang pada mulanya susah payah untuk mengadakan pada akhir acara, warga masyarakat sangat bersi keras untuk mengeluarkan seluruh kemampuan dari RT masing-masing.
“Adanya karnaval semoga menjadi hiburan warga masyarakat Kebonagung yang mana besok kembali bekerja dengan semangat.

Harapannya marilah kita bersama-sama mengevaluasi adanya karnaval ini, tatkala banyak sekali mudhoratnya yang diberikan oleh karnaval ini , maka karnaval tahun depan dialihkan tidak besar-besaran tetapi lebih memunculkan pada produk unggulan.” Tambahnya. (Ervin)

Tinggalkan Balasan