Peringati HUT RI Ke – 73 Kelurahan Bajang Gelar Pawai Karnaval Blitar Kawentar

Blitar – Kelurahan Bajang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar kembali menggelar pawai karnaval sebagai peringatan HUT Republik Indonesia ke 73, Minggu (16/9/2018).
Pawai ini diikuti 8 RW dan 24 RT se Kelurahan Bajang yang masing – masing mengikutkan beberapa kontingen menyemarakkan kegiatan yang di gelar setahun sekali tersebut.

“Pawai karnaval ini sudah yang kesekian kalinya dan kali ini mengusung tema Blitar Kawentar.” Kata Imam Hariyadi, Kepala Kelurahan Bajang kepada media.

Pawai Karnaval Kemerdekaan ini dimulai pukul 13. 00 WIB Selesai pukul 17.00 dengan masing-masing kontingen berkumpul lokasi start timur kantor kelurahan Bajang, lalu berjalan mengelilingi jalan desa dengan jarak tempuh lima kilometer. Tidak hanya remaja dan dewasa, karnaval ini turut dimeriahkan anak-anak bahkan warga lanjut usia sekalipun.

Adapun kebudayaan yang ingin diangkat warga Kelurahan Bajang adalah Kebudayaan Jawa, dengan menampilkan beberapa ikon dari budaya Jawa seperti pakaian kebaya, gamelan, dan beberapa tokoh wayang.
Beberapa penampilan yang ada di Karnaval Kemerdekaan ini antara lain pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, dan ogoh-ogoh dengan atribut kebudayaan Jawa yang kental. Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, warga Kelurahan Bajang juga ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dengan warga lain bahkan berinteraksi langsung dengan masyakat Jogja yang ikut menyaksikan Karnaval Kemerdekaan ini.

Secara terpisah Lurah Bajang Imam Hariadi juga mengatakan,”Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Karena dengan diadakannya giat bersama masyarakat seperti ini akan menumbuhkan rasa saling mengenal dalam bingkai silaturahmi. Saya berharap tetap terjaga keutuhan bangsa dan negara dalam bhineka tunggal ika.” Terangnya kepada media, minggu ((16/9/2018).

Lanjut Lurah Bajang , dirinya sangat memuji antusiasme masyarakat sangat besar mendukung acara ini. Selain itu dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat untuk ingat membayar PBB dan juga K3. Kepada Pak RW dan Pak RT agar tetap dijaga kekompakan, jaga lingkungan menjadi bersih, sehat dan aman,” Terangnya.

Camat Talun Wiyakto mengapresiasi Semangat warga Bajang yang rela berkorban demi memeriahkan acara pawai ini. “Saya berharap kekompakan warga seperti ini harus tetap terjaga, semangat kebersamaan menunjukkan jati diri bangsa yang telah diwariskan para pendahulu kita.” Tuturnya. (Ervin)

Tinggalkan Balasan